Web Server Adalah, Cara Kerja, Fungsi dan Contoh Web Server

Posted on

Dalam membuat suatu website atau situs kita membutuhkan apa yang disebut dengan web server. Fungsinya adalah sebagai penyimpan kapasitas dari website kita.

Suatu web server atau server web harus memiliki kapasitas penyimpanan yang besar serta cepat ketika diakses agar tidak down pada saat banyak trafik di website.

Web server sering digunakan dalam suatu jaringan internet untuk memudahkan pemrosesan terhadap permintaan browser. Web browser akan memberikan layanan dari permintaan tersebut.

Web Server Adalah

Definisi web server yaitu suatu software yang menyajikan layanan dengan basis data dan memiliki fungsi untuk menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang sering disebut juga dengan web browser. Lalu mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan secara umum dalam bentuk HTML.

Baca: Modem Adalah

Pengertian web server yang lain adalah sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk menerima permintaan yang dikirimkan melalui browser lalu akan memberi tanggapan permintaan tersebut dalam bentuk halaman situ web atau biasa berupa dokumen HTML.

Web server juga memiliki dua makna, yakni sebagai perangkat keras (hardware) dan perangka lunak (software). Sebagai hardware, web server dipakai sebagai penyimpan seluruh data seperti dokumen HTML, gambar, file CSS, File Javascript. Sedangkan sebagai software, web server merupakan pusat kontrol dalam proses permintaan yang diterima dari browser.

Cara Kerja Web Server

Secara sederhana web server bertugas untuk menerima permintaan dari klien/browser dan mengirimkan kembali dokumen yang diminta kepada browser tersebut.

Software web server ada pada komputer server dan di komputer tersebut data-data suatu website secara aman. Seperti pada komputer klien, komputer pada server harus tersambung dengan jaringan internet untuk bisa diakses oleh klien atau browser.

web server adalah
Cara Kerja Web Server

Ketika browser meminta suatu data di web page kepada server, maka instruksi permintan data oleh browser itu akan dipaket dalam TCP yang merupakan dari protol transport dan dikirim ke alamat yang dalam hal ini adalah protokol berikutnya yakni HTTP atau HTTPS.

Data yang menjadi permintaan browser ke web server dinamakan dengan HTTP request yang selanjutnya akan dilayani oleh web server pada komputer server. Apabila ditemukan, data akan dipaket oleh web server dalam TCP dan dikirimkan kembali ke klien/browser untuk ditampilkan.

Baca: Cara Instal Office 2016

Sehingga data yang dikirimkan dari server ke browser disebut dengan HTTP response. Apabila data yang menjadi permintaan tadi tidak ditemukan oleh web server, maka web server akan menola permintaan itu dan pada browser akan ditampilan pemberitahuan Error 404 atau Page Not Found.

Proses suatu permintaan dari browser ke web browser terjadi secara cepat. Meskipun terlihat seolah prosesnya lama dan panjang ternyata untuk menampilkan hasil permintaan browser adalah sangat cepat.

Fungsi Web Server

Dalam suatu web server, fungsi utamanya yaitu untuk menjalankan atau melakukan transfer dokumen permintaan klien melalui suatu protokol komunikasi yang sudah ditentukan sedemikian rupa. Halaman web yang disimpan dalam web server yaitu seperti teks, video, gambar, file dan lain sebagainya.

Adapun contoh web server yang terkenal adalah Apache. Apache yang merupakan singkatan dari Apache Web Server adalah web server yang paling banyak dipakai dalam Internet.

Software ini awal mulanya dibuat untuk sistem operasi UNIX. Apache memiliki program pendukung yang sangat banyak. Hal ini tentu saja menawarkan layanan yang sangat lengkap untuk penggunanya.

Contoh Web Server

Contoh web server yang dipakai di dunia antara lain:

Apache

Apache merupakan jenis web server yang paling banyak penggunanya di internet. Pada awalnya, Apache dibuat untuk sistem operasi UNIX. Dukungan pada Apache adalah kontrol akses, PHP, dan juga SSL.

Kontrol akses apache dilakukan sesuai dengan nomor IP CGI atau nama Host. Dalam apache kontrol akses merupakan modul, dan yang terkenal yaitu modul Perl (Practical Extraction and Report Language).

Lalu PHP (Personal Home Page) yaitu suatu program yang mirip dengan CGI dalam menjalankan proses teks dan bekerja di web server. PHP di apache web server berada di salah satu modulnya (mod_php) agar kinerja dari PHP lebih stabil dan baik.

Apache merupakan suatu perangkat lunak yang freeware yang proses penginstalannya sangat mudah. Bisa berjalan di beberapa sistem operasi, mudah disetting dalam konfigurasi yang hanya dengan empat konfigurasi, serta mudah untuk penambahan peripheral lain ke dalam platform web server.

Nginx

Nginx atau yang disebut juga dengan Engine X yaitu jenis web server yang open source. Apache walaupun telah banyak dipakai sebagai web server internet namun memiliki kekurangan yakni tidak bisa menangangi keperluan web server dengan trafik yang tinggi.

Lalu terciptalah Nginx untuk menjadi solusi yang lebih menonjolkan performa, kemudahan dan kecepatan. Kelebihan dari Nginx antara lain:

Performa Yang Tangguh
Semakin banyak thread yang dipakai, maka semakain banyak memori yang dibutuhkan. Untuk itu nginx sudah dibuat untuk menangani sampai sepuluh juta permintan klien setiap harinya, atau beberapa ratus permintaan dalam setiap detiknya.

Baca: Cara Mengoperasikan Komputer

Arsitektur Event-Based
Jika apache memakai proses based, maka nginx memakai arsitektur event-baset menjadikan dapat meminimalan thread dalam melakukan proses suatu permintaan dari browser/klien. Artinya adalah memori yang dipakai juga menjadi lebih kecil. Server ringan dan responsif.

IIS

IIS yaitu singkatan dari Internet Information Services adalah web server yang dipakai dalam Windows, utamanya Windows 2000 dan Windows 2003. Web server IIS didukung dengan banyak jenis komponen pendukung seperti protokol jaringan TCP/IP, DNS, dan software untuk menciptakan situs web.

IIS bisa diterapkan pada platform dimana aplikasi web berjalan. IIS telah didukung banyak protokol seperti HTTP, FTP, SMTP, NNTP dan SSL. Adapun keunggulan dari ISS yatiu sangat kompatibel dengan Windows sebagai produk dari Microsoft, dukungan platform .NET yang hanya bisa dilakukan oleh IIS.

Lighttpd

Lighttpd merupakan jenis web server open source yang dibuat oleh programmer Jerman dalam bahasa pemrograman C. Web server jenis ini bisa berjalan pada sistem operasi Linux atau keluarga dari UNIX lain. Kelebihan dari Lighttpd yaitu kemampuan dalam mengatur CPU load dengan efektif, serta ada fitur advance lain yaitu SCGI, FastCHI, Output-Compression dan URL-Writing.

Zeus Web Server

Xitami Web Server

Sun Java System Web Server

Itulah pengertian dari Web server, cara kerja serta fungsinya. Semoga bisa menambah wawasan kalian. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.