Tutorial Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang Rusak

Posted on

TutorialServis.Com | Power Supply adalah hardware yang berperan penting dalam sebuah komputer/pc. Tanpa power supply komputer tidak bisa hidup. Fungsi dari Hardware ini adalah menyalurkan listrik ke semua komponen di dalam komputer, seperti motherboard (mainboard), hard disk, disk drive, fan processor, CD/DVD Room dan komponen tambahan lain Lan Card, Audio Card, Video Card.

Di dalam Power suppy atau yang mudah disebut dengan PSU (Power Supply Unit) terdapat kapasitas Watt yang tertulis. Kebanyakan kapasitas PSU yang ada sekarang sekitar 600W, 750 W hingga 10000W. Ukuran Watt tergantung spesifikasi dari komputer yang dibutuhkan.

Dalam postingan kali ini tutorialservis akan membagikan tutorial cara memperbaiki PSU yang rusak. Power supply seringkali rusak karena arus, ataupun karena tegangan pendek. Sehingga sering tidak stabil arus yang masuk ke dalam PC.

Tutorial Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang Rusak

Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki ataupun mengecek power supply yang bermasalah. Semoga bisa membantu mengatasi masalah pada PSU.

Cek Power Supply

Hal yang pertama dilakukan adalah dengan mengecek Power Supply

Lepaskan PSU dari stop kontak, lalu lepas kabel-kabel yang terpasang di mainboard, di hardsik, dvd room, dan di perangkat lain yang terhubung.

Pasang kembali kabel listrik ke PSU sehingga terdapat aliran listrik.

Siapkan kabel tunggal, atau kawat kecil dengan panjang 5-10 cm yang ujung-ujungnya di kupas.
Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang Rusak

Peganglah kabel utama PSU, lalu hubungkan kawat kecil tadi ke ujung kabel warna HIJAU dan ujung lainnya ke kabel warna HITAM. seperti gambar dibawah ini.
Pertama cari kabel Hijau seperti gambar dibawah, lihat panah berwarna hijau
Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang RusakKedua cari kabel Hitam di sisi lain. Lihat gambar agar lebih jelas
Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang Rusak

Hubungkan kabel hijau dan hitam (seperti terlihat digambar) menggunakan kawat.

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang Rusak
Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang Rusak
Jika fan/kipas power supply berputar maka dapat dipastikan tidak ada masalah. silahkan cek komponen lain di komputer, kemungkinan bukan sumber listrikya. Namun jika fan atau kipas tidak berputar maka power supply dipastikan mengalami kerusakan.

Beberapa sebab power supply mati

  • Kelebihan beban
  • Tegangan listrik yang tidak stabil
  • Sering terjadi mati listrik, sehingga tentu saja komputer langsung mati.
  • Terjadi konsleting, atau ada hewan yang masuk di dalam kipas. Terkadang cecak atau kecoak bisa saja masuk sehingga merusak perputaran kipas dan bisa membuat PSU meledak
  • Tersambar petir. pengalaman tutorialservis adalah power supply tersambar petir.

Cara Memperbaiki Power Supply sebagai berikut

Setelah kita mengecek apakah PSU normal atau ada masalah, maka langkah selanjutnya adalah memperbaikinya.

Lepaskanlah kotak PSU dari casing komputer agan agar mudah di cek. Buka Kotak Power supply kemudian periksalah kabel dan komponen elektronik, mungkin ada yang terbakar sehingga dapat diketahui dan diganti.

Pada Komputer yang umumnya bekerja di luar ruangan, temperaturnya lebih tinggi dibandingkan dengan komputer yang bekerja di dalam ruangan ber AC. Maka panas yang berlebihan membuat solderan kaki-kaki komponen ada yang terlepas. Perbaikilah solder yang telepas atau rusak menggunakan timah yang lunak dan flux yang encer.

Apabila pengecekan dan perbaikan di komponen yang rusak sudah dilakukan, maka pasang kembali kotak PSU dengan benar. Coba power supply dengan mencolokkan disk drive atau dvd room. Cek apakah kipas dapat berputar normal. Apabila kipas dapat berputar normal, maka power supply dapat digunakan kembali.

Saran dari tutorialservis apabila terjadi kerusakan power supply pada komputer agan adalah dengan mengganti yang baru. Sebab dengan hanya memperbaiki bukan berarti dapat berfungsi normal kembali. Demikianlah Tutorial Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang Rusak Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

Baca Juga: Cara Cek Keyboard Laptop

Jika setelah melakukan cara-cara diatas namun powes supply tetap tidak bisa hidup maka sebaiknya membawanya ke tempat servis ataupun membeli dengan yang baru. PSU yang sudah rusak ketika berhasil diservis juga tidak ada jaminan akan bertahan lama. Namanya saja barang servisan, kemungkinan akan rusak kembali juga tinggi.

Kalian harus sering-sering membersihkan komputer, merawatnya agar bertahan lama dan tidak ada komponen yang error ataupun rusak. Karena komputer berhubungan dengan listrik, maka peluang error juga tinggi jika serng dipakai setiap hari.