Modem Adalah, Fungsi, Jenis-Jenis, Cara Kerja (100% Lengkap)

Posted on

Modem adalah kependekan dari Modulator Demodulator. Istilah ini tentu lebih susah dimengerti daripada mengingat kata modem. Tentu saja untuk memudahkan penggunanya, maka disebutlah dengan istilah diatas.

Pengertian Modulator adalah alat yang memiliki fungsi sebagai pengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa, dan selanjutnya mengirimkan sinyal tadi.

Lalu definisi Demodulator yaitu alat atau tools yang mempunyai fungsi sebagai penerima dan pemisah sinyal informasi dari sinyal pembawa.

Definisi Modem

Jadi kesimpulannya, Modem diartikan sebagai gabungan dari dua alat tadi, membuatnya dinamakan alat komunikasi dua arah. Dengannya data pada komputer yang berupa sinyal digital akan diubah oleh modem menjadi sinyal analog.

Kemudian pada saat modem menerima data dari luar dalam bentuk sinyal analog, modem akan diubah kembali menjadi sinyal digital supaya komputer dapat memprosesnya. Maka modem dapat menghubungkan komputer dengan jaringan internet. Dalam Wikipedia, modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator.

Fungsi Modem

Pada umumnya, fungsi modem adalah menjadi alat komunikasi dalam dua arah, yang dapat mengubah sinyal digital menjadi analog dan juga sebaliknya. Selain itu juga mengirimkan data pada alamat yang dituju.
Modem Adalah

Dari fungsi diatas, secara lebih mendalam berikut ini kegunaan modem:

  • Sebagai pengubah sinyal digital menjadi analog dan sebaliknya
  • Sebagai penghubung banyak perangkat yang ada dalam suatu jaringan internet
  • Menjalankan proses modulasi dan demodulasi
  • Menjalankan komunikasi dan memeriksa data
  • Melakukan kompresi data ketika akan dirikim melalui sinyal

Jenis-Jenis Modem

Terdapat banyak jenis modem yang ada di dunia jaringan internet yang dikenal, antara lain: Pada umumnya, modem dibagi menjadi 6 macam, antara lain sebagai berikut:
jenis jenis modem dan gambarnya

Modem ISDN
Modem ISDN atau singkatan dari Integrated Services Digital Network merupakan jenis modem yang mana layanan antara data, suara serta gambar terintegrasi pada sebuah jjaringan.

Dan juga menyajikan suatu sambungan digital untuk menunjang pelayanan yang cukup banyak. Kelebihan memakai modem jenis ini yaitu fleksibiltas serta menghemat biaya.

Biaya yang dipakai untuk sistem yang terintegrasi akan lebih murah dibanding memakai sistem yang bersifat terpisah.

Modem GSM
Modulator Demodulator GSM ini menggunakan telepon seluler untuk sistemnya dalam mengirimkan data. Modem GSM ini memakai kartu perdana operator dari berbagai provider yang bersifat GSM.

Modem Analog
Jenis modulator ini hanya dapat mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital

Modem ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line)
Modem ini dapat memaksimalkan pemakai dalam menjelajahi internet dan melakukan panggilan telepon secara bersama. Penggunaanya juga mudah, seringkali pemakai Modem ADSL akan memperol;eh alat yang dinamakan dengan Splitter.

Posisi splitter ini berada di depan pada saat ada panggilan telepon yang masuk. Alat ini berfungsi untuk menghilangkan gangguan ketika memakai modem ADSL, menjadikan aksis internet dan menelpon dapat dijalankan dengan bersamaan.

Modem Kabel
Modem kabel merupakan macam modem yang dapat menerima data dengan langsung dari suatu penyedia layanan melalui TV Kabel.

Modem CDMA
Modem ini memakai frekuensi CDMA 800 MHZ atau CDMA 1x. Yang mana jenis terbaru dari pemakaian frekuensi ini adalah EVDO Rev-A dan Rev-B yang hampir sama dengan teknologi 3G.

Jenis Modem Menurut Pemasangannya

Menurut cara pemasangannya, modem dibedakan menjadi dua macam:

Modem Internal
Modem internal yaitu jenis modem yang berada di papan ekspansi yang dipasang di slot motherboard. Cara memasangnya sangatlah mudah dan juga harganya lebih murah. Fungsi modem internal ini sama dengan jenis modem lainya, hanya saja dipasang di motherboard komputer atau laptop. Sehingga dinamakan juga sebagai onboard modem.

Modem Eksternal
Modam eksternal atau modek luar adalah jenis modem yang dipasang di luar komputer/notebook. Modem jenis ini umumnya dipasang pada slot USB dan Kabel LAN. Keuntungan memakai modem eksternal yaitu mudah dipindahkan dan dibawa kemanapun berada.

Jenis Modem Menurut Jaringannya

Menurut jaringannya, modem dibagi menjadi dua macam yakni model kabel dan modem tanpa kabel.

Modem Kabel
Modem kabel sebagai penerima dan pengirim data lewat jaringan tv kabel. Data yang diterima dan dikirim ini berupa data digital, dengan kecepatan yang sama dengan model ADSL.

Modem Tanpa Kabel
Modem tanpa kabel merupakan jenis modem yang tidak memakai kabel untuk memprosesnya. Contoh modem jenis ini adalah seperti modem GSM dan juga modem CDMA.

Modem macam ini mempunyai kelemahan yakni sangat dipengaruhi dari faktor cuaca. Kecepatannya dapat menurun apabila cuaca sedang tidak baik.

Meskipun demikian, modem tanpa kebel lebih praktis dibawa dan dapat dipindah pada tempat lain dengan mudah sesuai kehendak pengguna.

Cara Kerja Modem

Untuk kalian yang belum paham bagaimana cara kerja modem, maka simak baik-baik cara kerja modem berikut ini. Adapun gambar cara kerja modem adalah berikut ini:
gambar cara kerja modem

Sebagaimana telah diulas diatas secara lengkap, modem mempunyai fungsi sebagai pengubah data dalam bentuk analog ke digital dan sebaliknya. Pada saat komputer kalian dipakai untuk menjelajah internet, misalnya melakukan upload atau mengirim data, maka data yang berupa digital itu akan diubah oleh modem menjadi bentuk analog, dan selanjutnya dikirim ke komputer tujuan.

Ketika data analog tadi diterima oleh komputer tujuan, maka modem yang ada di penerima akan mengubahnya data analog menjadi data digital membuat dapat diproses oleh komputer. Data ini kemudian dapat dibuka, disunting, dihapus dan lain-lain.

Cara kerja ini juga sama ketika misalnya kalian akan melakukan pengunduhan data atau file dari internet. Ketika masuk ke komputer, modem akan merubahnya berupa data digital. Ini lah yang membuat komputer-komputer dari mana saja dapat menjalin interaksi dengan yang lainnnya.

Itulah ulasan tentang modem, semoga dapat menambah wawasan kalian. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.

Yuk Baca Juga:

Nilai Kualitas Konten