3 Cara Mengatasi Laptop Mati Total

Posted on

TutorialServis.Com | Pada Kesempatan Kali ini tutorialservis akan membagikan cara Mengataasi Laptop Mati Total. Baik Mati total tanpa secara tiba-tiba, terkena air. atau karena terjatuh

Laptop mati total ditandai dengan ketika dihidupkan laptop/notebook tidak ada reaksi. Lampu indikator power mati, hanya lampu charger yang hidup.

Ketika kita mengetahui laptop tidak ada reaksi waktu dihidupkan hal yang harus kita lakukan adalah mencari penyebab kerusakan ini. Periksa dahulu power adapter laptop, apakah terdapat aliran listrik yang masuk atau tidak.

Loading...

Sebenarnya laptop mati banyak sebab, bisa mati tanpa sebab artinya ketika laptop sedang dipakai tiba-tiba mati. Tidak bisa dihidupkan lagi. Bisa juga karena laptop terkena air, atau tanpa sengaja terkena air. Seperti terkena tumpahan air kopi, susu, kehujanan dll. Bisa juga dikarenakan Laptop/notebook terjatuh.

Cara Mengatasi Laptop Mati Total, Kena Air, Terjatuh

Laptop Mati Tiba-tiba

Dalam mengecek apakah sebab laptop mati secara tiba-tiba perlu dicek pada bagian perangkat laptop tersebut. Berikut ini adalah perangkat yang harus dilakukan apabila laptop mati secara tiba-tiba.

  1. Power Adapter Rusak
    Hal yang harus dilakukan pengecekan dalam mengatasi laptop mati secara tiba-tiba adalah cek Adapternya. Gunakanlah Obeng tester atau multitester cek apakah ada aliran listrik yang mengalir pada adapter atau tidak.Apabila tidak ada aliran listrik, maka kemungkinan laptop mati hanya karena tidak ada aliran listrik yang tersambung ke baterai. Sehingga kapasitas baterai laptop habis dan terjadilah mati secara tiba-tiba.Silakan cek kabel adapter menggunakan multitester apakah ada yang putus atau terkelupas. Jika dikabel tidak ditemui yang putus atau terkelupas, kemungkinan terjadi masalah pada adapter charger. Yaitu kotak persegi empat charger.

    Bongkarlah adapter charger tersebut menggunakan obeng atau tang. Jika adapter dilem permanen saya sarankan bongkar menggunakan gergaji besi. Gergaji pada bagian samping charger yaitu berupa garis yang melingkari adapter chager.

    laptop mati total
    Gergaji pada seluruh bagian garis dengan panah merah

    Setelah itu, cek apakah ada kabel yang putus atau ada komponen yang hangus dalam adapter. Apabila ada yang terputus, maka sambungkanlah menggunakan solder. Dan apabila ada komponen yang hangus atau terlepas solderannya sambungkan atau ganti dengan yang baru.
    laptop mati total
    Setelah itu silakan pasang kembali charger, dan silakan coba colokkan kembali ke laptop. Apabila lampu indikator cas hidup, dan laptop bisa menyala maka dapat digunakan.

  2. Memory Rusak
    Memory rusak juga bisa menjadi penyebab laptop/notebook tiba-tiba mati. Maka hal yang harus dilakukan adalah dengan mengecek memory laptop. Bukalah casing laptop/notebook. Lepaskan baut-baut pada casing. Setelah Terbuka, lepaskan memory laptop lalu bersihkan menggunakan penghapus pensil atau menggunakan kertas, jangan sampai merusak chip memory.Apabila memory sudah dibersihkan, coba pasang kembali pada tempatnya dengan benar. Lalu coba hidupkan laptop anda, jika laptop mau hidup dan menyala berarti laptop mati secara tiba-tiba dikarenakan memory tidak pas atau minta dibersihkan.Namun apabila setelah memory dipasang dan laptop dibersihkan tetap mati. Cobalah ganti memory dengan yang lain, atau belikanlah yang baru. Pastikan ukuran dan jenis memory sama. DDR berapa dan ukuran berapa.

    Setelah diganti, coba hidupkan laptop/notebook kembali. Apabila laptop mau hidup dan berjalan dengan normal maka laptop sudah bisa digunakan.

  3. Processor Rusak
    Untuk masalah processor rusak maka harus dibawa ketempat servis komputer terdekat di tempat tingal anda. Karena processor sifatnya tertanam permanen dengan mainboard laptop.Bawalah ketempat servis yang sudah profesional. Nanti akan dicek, apa saja yang rusak dan kira-kira harga yang harus dikeluarkan berapa apabila diperbaiki atau diganti.Biasanya apabila terjadi kerusakan pada mainboad laptop akan diganti Ic-Ic pada laptop, kisaran biaya yang harus dikeluarkan adalah 500 ribu.
  4. Mainboard Rusak
    Mainboard yang rusak juga menjadi penyebab laptop mati total. Mainboard adalah komponen penting dalam laptop/notebook. Apabila terjadi kerusakan pada perangkat ini, maka pasti laptop tidak mau hidup atau terjadi error.Untuk kerusakan pada mainboard orang awam akan sulit mendeteksi. Perlu alat yang bisa mengecek apa saja yang rusak. Bawalah laptop anda ke tempat servis yang sudah profesional dan berpengalaman.

Laptop Mati Karena Terkena Air

Laptop mati karena air sudah tentu penyebabnya adalah air. Entah itu air hujan, air minum, kopi, softdrink atau susu.

Untuk laptop mati dikarenakan terkena air maka yang harus dilakukan dan cepat ditangani adalah dengan membongkar laptop.

Laptop yang terkena air biasaya akan menyerap dengan cepat air yang masuk. Hal ini bisa menyebabkan konsleting pada laptop.

Bongkarlah seluruh komponen laptop, mulai dari mainboard, memory, hardisk, dvd room, LCD, kipas internal laptop. Bongkar satu persatu lalu bersihkan dan keringkan.

Bersihkan dan keringkan semua perangkat laptop/notebook. Pastikan tidak ada air yang masih menempel didalam perangkat tersebut. Untuk pada bagian kipas internal laptop bersihkan debu yang menempel atau kotoran yang menempel pada kipas sampai bersih.

Setelah semua perangkat sudah dibersihkan dan dikeringkan, maka pasang kembali perangkat laptop pada tempatnya. Pastikan tidak ada kabel yang tidak dipasang, cek kembali baut dan kabel-kabel perangkat.

Pasang kembali casing dan baut pada casing dengan obeng. Lalu coba hidupkan laptop dengan menekan tombol power. Apabila laptop mau hidup maka sangat beruntunglah anda. Karena masalah telah teratasi.

Namun jika laptop dihidupkan tetap tidak hidup, maka dapat dipastikan ada kerusakan lebih parah pada laptop. Bawalah laptop ketempat servis komputer di dekat tempat tinggal anda. Kemungkinan biaya yang dikeluarkan sekitar 500 ribu.

Laptop Mati Karena Terjatuh

Apabila Masalah laptop mati total dikarenakan terjatuh, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah. Bongkar laptop, bersihkan perangkat seperti hardisk, memory, fan laptop, dvd room, dan bersihkan mainboard laptop.

Lalu pasang kembali dengan benar dan pas. Jangan sampai ada bagian yang tertinggal, cek kembali kabel bahwa benar-benar terpasang dengan benar. Cek hardisk apakah sudah pas pemasanganannya atau belum. cek memory sudah benar atau belum.

Jika semua prangkat sudah terpasang, maka pasang kembali casing laptop. Lalu hidupkan laptop, apabila laptop bisa hidup maka kemungkinan laptop hanya mengalami goncangan pada perangkat sehingga letaknya tidak pas.

Demikianlah Cara mengatasi laptop mati total. Pastikan anda mengecek terlebih masalah yang terjadi, jangan terburu-buru membawa ketempat service. Karena selain biaya juga waktu.

Baca Juga:

Loading...