7 Fitur Terbaru Instagram IGTV Saingan Youtube

Posted on

Melansir Kompas.Com berikut ini adalah perbedaan yang menjadi unggulan fitur baru instagram tv atau sedang hangat diperbincangkan sebagai IGTV.

Seperti yang sudah banyak berita yang kita ketahui bahwa Instagram meluncurkan Fitur Baru dalam berupa aplikasi mandiri untuk berbagi video dengan durasi panjang yaitu Instagram TV (IGTV) berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa jadi sebuah platform saingan Youtube.

Kami akan menjelaskan apa saja fitur terbaru dari instagram yang telah diluncurkan belum lama ini. Sehingga memudahkan kalian para pengguna sosial media berbagi foto dan video terbesar di dunia. Simak selengkapnya dibawah

Fitur Terbaru Instagram IGTV
Fitur Terbaru Instagram IGTV

1.Format Video Vertikal

Fitur unggulan yang pertama dan yang membedakan antara Youtube dan IGTV adalah format video yang bisa diunggah atau dipost. Instagram menggunakan format vertikal dalam fitur terbarunya.

Tentu saja sangat berbeda dengan Youtube yang berbentuk Horizontal ketika menonton. Perbedaan ini tentu pada sebagian orang mempunyai keuntungan tersendiri yang mana memudahkan untuk melihat video tanpa memutar smartphone yang dimiliki.

Selain itu, format video vertikal membuat orang yang hendak mengupload video pada instagram tv akan lebih mudah menggunakannya karena tinggal memegang ponsel dalam posisi berdiri layaknya menggunakan hp sehari-hari.

2.Durasi Video Lebih Lama

Meskipun Instagram telah lebih dulu mengeluarkan fitur Stories, pengguna tetap bisa menonton video. Namun dengan hadirnya IGTV, durasi video yang bisa di upload atau ditonton lebih lama dibanding Instagram Stories.

Fitur IGTV dapat mengunggah video dengan panjang durasi sekitar 10 sampai dengan 1 jam. Tapi tidak semua orang dapat mengunggah video dengan durasi sepanjang itu. Pada versi baru ini para user hanya dapat mengupload video dengan durasi 10 menit atau dibawahnya. Video dengan durasi satu jam sementara ini bisa dinikmati oleh para konten kreator, artist atau pengguna yang mempunyai banyak follower.

Berbeda dengan Youtube yang dapat menunggah video dengan panjang 15 menit kapan saja. Dan untuk pengguna yang sudah diverifikasi ada pilihan pengunggahan video lebih panjang lagi.

3.Timeline Video di Home

Pada saat kalian mengakses IGTV, maka secara langsung muncul video yang sudah diupload oleh orang-orang yang kalian follow ataupun video lain yang sesuai dengan minat yang kalian inginkan ketika menggunakan Istagram.

Tentu ini adalah sebuah fitur yang menarik karena tanpa secara langsung kita sudah dapat melihat video-video layaknya menonton pad youtube namun dalam posisi berdiri.

Fitur tersebut sebenarnya tidak begitu berbeda dengan youtube, karena hampir sama cara kerjanya. Memberikan video menarik berdasarkan minat dan channel yang di subscribe oleh penontonnya.

4.Menggabungkan Platform Instagram, IGTV dan Facebook
fitur terbaru instagram 2018

IGTV yang merupakan aplikasi mandiri atau terpisah dengan Instagram dibuat dengan menggabungkan aplikasi Instagram dan Facebook. Sehingga tidak mengharuskan untuk mendaftarkan akun baru kembali.

Ketika kalian membuat video di Insagram IGTV maka akan ada pilihan untuk membagikannya di halaman facebook. Yaitu dengan menggeser tombol sebelum mengunggah video instagram tv.

Perbedaan yang terlihat dengan Youtube adalah platform youtube tidak menyatu dengan media sosial lain. Pengguna dapat membagikannya dengan media sosial jika menekan tombol share manual pada video tanpa secara otomatis seperti pada IGTV

5.No Iklan

Untuk sementara ini, Fitur Instagram TV 2018 tidak ada iklan yang mengganggu. Namun tidak menutup kemungkinan kedepannya ada iklannya. Hal ini tidak diketahui hingga kapan akan bertahan tanpa iklan. Yang menjadi point penting adalah platform IGTV ini merupakan lahan basah untuk para konten kreator atau selebgram untuk mencari uang sebagai alternatif menjadi Youtuber.

6.Belum Mendukung Siaran Langsung

Berbeda dengan Instagram, IGTV untuk sekarang belum bisa digunakan untuk siaran langsung atau Live. Namun untuk masa mendatang bisa jadi fitur ini akan ada di IGTV. Mengingat ini adalah fitur yang sangat menarik untuk para pembuat video ataupun selebgram.

Sedangkan jika melihat Youtube, telah lama mempunyai fitur siaran langsung. Sudah banyak pengguna yang memanfaatkan fitur ini untuk menyiarkan video di YouTube dari para reviewer, artist, pembuat konten video hingga tokoh publik. Semoga dalam waktu dekat fitur Live IGTV dapat segera muncul. Kita doakan saja.

7.Mengingatkan Apabila Terlalu Lama

Fitur berikut ini membuat para penggunanya agar tidak terkena penyakit kecanduan dalam menggunakan Instagram IGTV. Fitur yang kabarnya akan diberi nama “Usage Insight” akan memberikan seberapa lama pengguna dalam memakai aplikasi Instagram.

Sehingga ketika sudah melewati batas waktu, maka pengguna akan diberikan notifikasi atau peringatan untuk berhenti. Fitur ini dapat diatur waktunya oleh pengguna misalnya 1 jam lamanya.

Fitur ini adalah sebagai rasa tanggung jawab Instagram terhadap dampak penggunaan internet bagi kehidupan nyata. Jadi sepertinya akan mengurangi efek medsos addict pada pengguna yang lebih sering menatap layar smartphonenya. Bagaimana, apakah anda tertarik memulai berbagi video di Instagram IGTV? Silakan baca artikel berikut, Cara Upload Video di Instagram IGTV.

5/5 (2)

Nilai Kualitas Konten