Cara Scan Dokumen di Printer Canon MP Semua Seri

Posted on

Kebutuhan akan dokumen digital di jaman yang semakin maju saat ini semakin tinggi. Sebuah dokumen yang berbentuk hard case saat ini lebih sedikit daripada soft case.

Pengiriman dokumen melalui surat elektronik atau e-mail saat ini sangat sering dilakukan, mengingat akan menghemat waktu tenaga dan tentu saja biaya.

Oleh sebab itu biasanya dokumen yang sudah dicetak atau berkas seperti kwitansi, nota pembayaran, dokumen pribadi (ijazah, ktp, transkrip nilai, raport, cv) dan lainnya harus dikirim melalui e-mail untuk penunjang syarat-syarat.

Cara Scan di Printer Canon

Agar dokumen dalam bentuk hard case tadi bisa dimasukkan di e-mail maka dibutuhkan scanner atau alat yang bisa membaca dokumen dalam bentuk fisik untuk diubah menjadi dalam bentuk dokumen digital.

Anda dapat melakukan scan pada dokumen dengan Menggunakan Scanner yang biasanya tersedia di tempat fotokopian atau rental. Namun jika hal itu tidak bisa atau tidak ada, maka dapat memanfaatkan printer yang telah dilengkapi dengan scanner.

Saat ini hampir setiap vendor printer telah mengeluarkan jenis printer yang lengkap dengan fotokopian dan scanner. Hal ini tentu memberikan kemudahan untuk pelanggan agar bisa meringankan pekerjaan lebih cepat dibanding harus mendatangi tempat rental.

Baca Ini: Cara Mengatasi Canon MP287 Error P10

Printer scanner yang beredar di pasaran diantaranya Merk Canon, Epson, HP, Brother, dan lain sebagainya. Dengan kelengkapan yang dimiliki printer tersebut maka untuk urusan scan dan fotokopi menjadi lebih praktis. Printer yang telah dilengkapi dengan scanner dan fotokopi biasanya disebut dengan printer Multi Fungsi.

cara scan di printer canon

Untuk contohnya adalah Canon MP237, MP287, MP258, MG2570. Sedangkan Merk Epson antara lain Epson L210, L220, L1800 dan seri lain. Untuk HP juga telah mengeluarkan seri printer yang dapat memindai dokumen.

Untuk anda yang memiliki printer multifungsi canon seperti yang telah disebutkan diatas, namun belum mengetahui bagaimana cara melakukan scan berikut ini kami akan memberikan tutorial lengkapnya.

Cara Scan di Printer Canon MP287

Sebenarnya tidak perlu khawatir untuk seri printer yang digunakan di tutorial kali ini jika berbeda dengan printer anda. Karena untuk scan dengan printer canon, caranya juga sama dan relevan. Anda dapat menerapkan cara ini pada canon MP237, MP198, MP258 dan jenis Canon Multifungsi lainnya. Baca: Cara Mengatasi Error E03 Canon MP287

Untuk melakukan scan dokumen ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, antara lain:

  • Printer Canon Multifungsi yang sudah dilengkapi dengan scanner
  • Laptop ataupun PC
  • Dokumen yang akan di scan (ex: ktp, cv, foto, dan lain sebagainya)
  • Pastikan printer sudah terinstal dengan baik dan tersambung dengan laptop melalui kabel USB.

Jika semua yang disebutkan diatas telah disiapkan maka saatnya untuk melakukan scan menggunakan printer canon. Simak baik-baik langkahnya dibawah ini. Baca: Cara Menggunakan Printer Canon

  • Hidupkan laptop anda, kemudian sambungkan kabel USB printer dengan menancapkannya di slot USB laptop.
  • Lalu tekan tombol “ON” pada printer canon anda dan tunggu hingga lampu on berhenti berkedip yang artinya siap digunakan.
  • Apabila printer sudah siap digunakan, maka buka cover penutup scanner dan letakkan dokumen dengan posisi halaman yang ingin di scan menghadap ke bawah. Pastikan lihat ukuran dan letakkan dengan lurus, pres dengan ukuran yang sudah ada di printer.
    cara memindai di printer canon mp287
  • Kemudian tutup cover scanner dan silakan sekarang untuk menggunakan laptop
  • Lalu tekan tombol Scan pada printer jika ingin manual atau, lalukan cara selanjutnya untuk melakukan dari laptop
    cara scan di printer canon mp287
  • Pilih MP Navigator EX 4.0 atau dapat pula diakses dengan klik star, pilih Canon Utilities dan pilih MP Navigator EX 4.0. Apabila dengan menggunakan cara di laptop maka tidak perlu menekan tombol Scan seperti langkah sebelumnya, karena sudah tergantikan dengan melalui software.
  • Tunggu proses scanner atau pemindaian dokumen yang sedang di scan.
  • Selesai, anda dapat melihat hasil scan pada Start, Computer, Library, kemudian My Pictures dan cari Folder MP Navigator Ex 4.0.

Untuk hasil output scan secara default adalah format PDF, namun jika anda mengingkan hasilnya dalam bentuk JPG maka silakan setting atau atur pada MP Navigator Ex 4.0 untuk mengganti format outputnya.

Bagaimana mudah bukan melakukan scan di printer canon? Anda tidak perlu melakukannya di tempat fotokopian atau rental komputer untuk memindai dokumen. Cukup dengan printer canon MP tugas ini sudah bisa dilakukan dengan cepat.

Cara Fotokopi di Printer Canon

Jika anda ingin meng copy dokumen dengan printer canon maka cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Hidupkan printer canon multifungsi (MP) anda. Tanpa harus mencolokkan USB printer ke laptop.
  • Lalu masukkan dokumen pada scanner dan pastikan posisinya lurus dan menghadap kebawah. Siapkan kertas kosong dan bersih untuk mencetak hasil fotokopi.
  • Kemudian tekan tombol Black jika ingin mengcopy dengan hasil hitam putih. Tekan Color jika ingin mengcopy dengan hasil berwarna.
  • Tunggu beberapa saat printer akan memproses atau menggandakan dokumen hingga keluar
  • Selesai, anda berhasil mengcopy dokumen.

Demikianlah cara melakukan pemindaian di printer canon. Semoga dapat memberikan referensi dan pengetahuan untuk anda yang bingung melakukan scan di printer canon. Terimakasih sudah berkunjung dan sukses selalu.

5/5 (2)

Nilai Kualitas Konten