Cara Reset Printer Canon MP287 Tanpa Software

Posted on
Loading...

Memiliki sebuah printer jika mengalami error atau blinking akan membuat kita bingung bagaimana cara mengatasinya. Termasuk pada printer canon MP287 yang meminta reset.

Untuk anda yang memiliki koneksi internet lambat kadang susah jika harus mendownload resetter Canon MP287 di internet. Namun jika internet cepat dan kuota anda banyak hal ini tentu tidak menjadi masalah.

Cara reset canon Mp287 ini ada 2, yang menggunakan program atau resetter dengan service tool V3400 dan juga dapat anda reset mp287 secara manual. Kedua cara tersebut tentu yang sangat direkomendasikan adalah cara pertama.

Lalu bagaimana jika kondisi atau paket kuota anda tidak memungkinkan bisa mendownload service tool V3400? Berikut ini cara yang bisa anda lakukan.

Cara Reset Printer Canon MP287 Tanpa Software

Untuk melakukan reset mp287 tanpa program anda tidak begitu sulit. Karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit maka printer sudah bisa digunakan.

Cara manual ini sebaiknya hanya anda lakukan jika dalam kondisi mendesak atau karena anda tidak memiliki resetter. Karena ini hanya bersifat sementara jadi tidak bisa untuk jangka panjang.

Sebab jika menerapkan cara manual ini hanya sementara saja printer dapat digunakan. Yaitu ketika printer tidak mati atau dalam kondisi hidup terus maka printer bisa dipakai. Namun jika printer sudah mati, maka ketika dihidupkan akan muncul error 5b00 kembali.

Jadi apabila anda sudah memiliki paket internet atau kuota, maka silakan download service tool v3400 agar reset printer bisa permanen dan tidak muncul error lagi. Berikut ini langkah-langkah reset canon mp287 manual tanpa software.

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum menjalankan reset printer ini adalah memastikan printer MP287 dalam kondisi mati. Namun semua kabel sudah tersambung baik kabel Power Listrik dan Kabel USB. Dan sudah di colokkan ke Laptop atau komputer.

Baca Juga: Cara Mengatasi Error P02 MP287

Kedua, tekan dan tahan tombol Stop/Reset yang ada di printer. Lalau pada saat posisi masih menekan dan menahan tombol Stop/Reset maka tangan anda yang satunya menekan tombol power dan jangan lepaskan.

Loading...

cara reset printer canon mp287 tanpa software

Ketiga, pada posisi kedua tangan menekan tombol Stop/Reset dan Tombol Power. Maka tangan yang menekan tombol Stop/Reset dilepas, dan tangan yang menekan tombol power tetap menahan. Lalu tekan kembali tombol Stop/Reset sebanyak 6x tanpa jeda, diakhir pengulangan ke 6 maka lepaskan semua tangan anda dari tombol-tombol tersebut.

Tunggu beberapa saat lampu indikator akan berkedip dan biarkan hingga lampu yang hidup adalah lampu power (warna hijau). Pada laptop atau komputer akan mendeteksi device baru, biarkan saja.

cara reset printer canon mp287 manual

Baca Juga: Cara Mengatasi Error E03 Canon MP287

Pada posisi ini printer sudah dapat digunakan untuk mencetak dan fotokopi. Anda tidak boleh mematikan printer selama anda menggunakan. Karena jika dimatikan maka harus mengulang reset manual ini kembali. Jadi jika printer dalam kondisi hidup maka bisa dipakai sebagai mana mestinya.

Kendala Yang Sering Muncul ketika Reset Manual

Pada saat setelah melakukan reset manual jika printer tidak mengalami masalah, maka lampu power (lampu hijau) saja yang hidup. Namun jika ada masalah lain, maka terkadang lampu indikator cartride atau alarm juga berkedip-kedip orange. Baca Juga: Cara Mengatasi Error P10 Canon MP287

Apabila kejadian ini muncul, silakan anda pelajari kode error atau hitung jumlah lampu alarm berkedip, atau jika lampu cartride yang hidup lihat pada bagian cartride mana yang berkedip, yang warna atau hitam.

Jika sudah menghitung berapa kali lampu berkedip, silakan cek penangannya tentang kode error canon MP287 dan cara mengatasinya. Kami ingatkan kembali bahwa cara manual ini hanya sementara, artinya untuk lebih permanen hasil resetnya anda harus menggunakan resetter service tool v3400 yang bisa anda dapatkan gratis di postingan ini.

Demikianlah cara mengatasi reset canon mp287 tanpa software. Semoga dapat membantu anda yang sedang mengalami masalah serupa. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnnya.

Loading...