Cara Reset Printer Canon Ip2870 Error 5B00 Blink 7x

Posted on

TutorialServis.Com | Setelah Sebelumnya tutorialservis membagikan Cara Mengatasi Canon IP2870s Blink 16x dengan mudah. Maka kali ini akan share bagaimana apabila printer ip2780s minta direset. Printer ini adalah jenis printer single fungsi yaitu hanya untuk mencetak dokumen saja, tidak dapat mem fotokopi atau scan. Printer ip2870 adalah generasi penerus dari ip2770 yang sudah banyak beredar dipasaran. Bentuknya pun hampir sama meskipun ada perbedaan dari casingnya.

Printer ip2870s memiliki mainboard yang sejenis dengan printer canon MG2570 yang sudah dilengkapi scanner, namun berbeda pada printer canon ip2870s, ptinter ini tidak memiliki scanner karena hanya bisa mencetak saja. Untuk kualitas cetak tidak jauh berbeda dengan semua produk printer dari Canon. Untuk mencetak dokumen standar printer ini sudah cukup bagus, tetapi apabila akan mencetak dokumen berwarna atau foto kurang maksimal hasilnya. Tetapi sudah bisa dibilang cukup bagus.

Oleh sebab itu harganya lebih murah dibanding MG2570. Tetapi jika berbicara pada cartridge yang digunakan, maka printer ini juga menggunakan seri cartridge yang sama dengan MG2570 yaitu PG745 untuk Black dan PG746 untuk colour, jadi pasti bisa mencetak lebih banyak dokumen.

Indikasi printer ip2870s minta reset adalah ketika akan mencetak printer menunjukan pesan error pada layar dengan tulisan eror 5B00/absorber full dan pada printer akan blink 7x.

Untuk itu bacalah cara mengatasi masalah error 5B00 berikut yang akan dijelaskan oleh tutorialservis secara lengkap.

Sebenarnya printer ini sama dengan printer e400 dalam mereset, yaitu karena belum ada software resetter yang berhasil mengatasinya, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan mereset hardwarenya atau reset hardware.

Caranya adalah dengan mengganti IC counter yang terdapat pada mainboard printer ip2870s. Namun IC counter pada printer ini digabung menjadi 1 antara IC BIOS dan Firmwarenya.

Ic counter ini bisa didapatkan dari mainboard printer ip2870s yang sama tetapi sudah tidak terpakai atau bisa juga dibeli melalui toko online printer yang menjual IC counter. Banyak yang menjual IC ini di blog atau toko online. Anda hanya tingal browsing di google sudah banyak yang menyediakan IC counter ini.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan apabila printer ip2870s mengalami error 5B00 atau blink 7x.

Reset Printer Canon Ip2870s Error 5B00 Blink 7x

Reset Printer Canon Ip2870s Error 5B00 Blink 7x

  • Lepaskanlah mainboard printer ip2870s dari printer. Gunakan obeng untuk membongkar casing printer.
  • Lepaskan kabel dan baut yang menempelkan mainboard printer. Lepas dengan hati-hati jangan sampai ada kabel atau lapisan emas yang terkelupas atau putus.
  • Setelah mainboard terlepas, gunakanlah solder uap / blower untuk melepas IC. Ic bisa dilihat letaknya pada gambar dibawah ini.

    cara reset printer canon ip2870 blink 7x error 5b00
    sumber: ekohasan blog
  • Setelah dilepas, maka ganti dengan IC yang baru yang didalamnya sudah terisi EEPROM baru.
  • Setelah diganti dengan IC baru, maka pasang kembali mainboard pada printer dan pasang kembali penutup printer dengan benar dan pas.
  • Hidupkan printer ip2870s dan sambungkan pada laptop/komputer.
  • Printer ip2870s sudah dapat digunakan dan normal kembali.

Demikian telah dijelaskan dengan lengkap cara reset printer canon ip2870s error 5b00 blink 7x. Semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga Lainnya: