Cara Reset Printer Canon E400 [100% WORK]

Posted on

TutorialServis.Com | Printer Canon E400 adalah tipe printer yang mirip dengan Canon MG2570. Namun, catride yang dipakai berbeda serinya. Kapasitas catride printer ini juga lebih besar dalam menampung tinta, sehingga dapat mencetak lebih banyak lembar dalam 1 catride. Printer ini adalah jenis printer yang multifungsi, yaitu selain dapat mencetak dokumen, juga bisa mem fotokopi dan scan dokumen. Untuk casing printer canon E400 ini lebih ringan dan tidak terlalu memakan tempat seperti MG2570 yang besar.

Dari segi pemakaian dan perawatan, printer ini sama mudahnya dengan jenis printer Canon lainnya. Tetapi jika akan dipasang tabung infus akan lebih susah. Tetapi jika anda memasangnya di tempat servis tentu akan lebih mudah, Ya jelas karena tukang servis yang memasang 🙂

Printer Canon E400 juga sama dengan jenis printer canon pada umumnya. Yaitu terdapat batasan counter dalam mencetak dokumen. Apabila counter ini sudah mencapai batas maksimum dengan yaitu sekitar 2 rim kertas dalam mencetak, maka printer akan error dan solusinya adalah direset.

Indikasi awal printer ini error adalah error 5B00 pada layar monitor dan lampu blink sebanyak 7 kali. Namun sampai saat ini belum ada resetter yang berhasil mengatasi error ini. Resetter yang beredar di internet seperti Resetter V3400 belum bisa mengatasi masalah ini.

Printer Canon E400 Error 5B00 Blink 7x

Untuk itu tutorialservis akan membagikan cara reset printer canon e400 dengan tanpa mereset dengan software. Cara yang akan diberikan adalah Reset hardware. Cara ini sudah terbukti bisa mengatasinya. Maka mohon dibaca dan dipraktekkan sampai selesai artikel ini.

Reset Printer Canon E400

  • Karena printer ini tidak bisa direset menggunakan program atau belum ada resetter yang bisa mengatasinya. Maka kita akan mengatasinya pada mainboardnya.
  • Lepaskan Mainboard printer canon e400 dari casing. Dengan cara melepas casingnya dan melepas kabel-kabel yang terpasang pada mainboard.
  • Lalu setelah mainboard dilepas, maka lihat pada mainboard IC508WP yang letaknya pada bagian belakang printer Canon E400. Gantilah dengan IC yang baru. IC ini dapat dibeli di toko online atau dapat didapatkan melalui mainboard printer yang sama tetapi sudah tidak terpakai.
    canon e400 error 5b00 blink
    sumber: ekohasan blog

    IC 508WP adalah IC Counter yang berfungsi untuk menghitung berapa jumlah printer dalam mencetak dokumen. Apabila dalam menghitung sudah mencapai batas maksimal, maka printer juga harus direset dengan cara ini lagi. Kembali lagi karena belum ada resetter yang bisa mereset printer ini. Apabila kedepannya sudah ada software resetter yang sudah berhasil mereset printer e400, tutorialservis akan bagikan caranya.

  • Lepaslah IC508WP yang terpasang pada mainboard printer canon e400. Gunakanlah solder uap/blower, bisa juga hanya menggunakan solder biasa. Setelah itu pasang IC yang baru.
    canon e400 error 5b00 blink
  • Setelah selesai diganti ic baru. Pasang kembali mainboard pada printer dan pasang kabel-kabelnya. Rakit kembali printer canon e400. Printer siap digunakan

Demikianlah cara reset printer canon e400 yang telah dijelaskan dengan mudah. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian tentang memperbaiki printer. Jika ingin bertanya atau konsultasi bisa mengirim email di halaman Contact Us. Terimakasih telah berkunjung

Baca Juga: