25 Cara Mudah Merawat Laptop Dengan Baik

Posted on

Tutorialservis.com  Laptop atau Notebook adalah sebuah perangkat yang sudah menjadi kebutuhan dan mendukung pekerjaan di jaman serba maju, sehingga dijaman sekarang ini kebutuhan akan laptop/notebook sangat besar.

Dipasaran harganya pun beragam, dari yang harga murah sampai harga tinggi. Kebutuhan akan laptop bukan lagi sekedar untuk bergaya, tetapi bisa juga untuk berbisnis, bekerja secara remote, bekerja di percetakan, mengerjakan tugas, mengerjakan skripsi, melakukan web seminar dll.

Kehadiran laptop/notebook dimasa depan akan menggantikan Personal Computer (PC). Penjualan laptop/notebook di dunia sudah berkembang jauh melewati penjualan PC. sehingga tren kedepan orang lebih memilih menggunakan laptop atau notebook.

Loading...

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot

Laptop adalah perangkat mobile. Selain kemudahan dalam mengoperasikannya, dalam artian tidak perlu memakan tempat. Laptop/notebook juga bisa dipakai dimana saja dan kapan saja karena mudah dibawa.

Dalam menggunakan laptop/notebook pasti ada kalanya muncul masalah seperti tiba-tiba mati, lemot, booting yang lama. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk merawat laptop/notebook yang baik agar tidak lemot dan tahan lama.

Gunakanlah Spesifikasi Yang Memadai

Laptop/Notebook adalah perangkat mobile, dimanapun kita berada kita bisa bekerja. Tetapi ada hal yang kadang membuat kita ngedumel yaitu laptop kita lemot karena Memori, hardisk dan processornya tidak sesuai.

Jadi pilihlah laptop/notebook yang sesuai, misalnya Memori 2GB, Hardisk 500GB, Processor Intel Core 2 duo. Jadi antara memori, hardisk dan processor harus seimbang agar tidak lemot.

Instal Semua Driver Dengan Lengkap

Driver laptop juga berperan penting dalam kita bekerja, misal VGA. Vga atau graphic sangat penting karena mendukung tampilan atau visual laptop. selain itu driver lain juga perlu di instal, jadi pastikan semua driver terinstal dengan benar. gunakan CD Driver bawaan atau gunakan driver pack solution kalian bisa mendownloadnya secara online.

Hapuslah Temporary Di Laptop

Ketika kita sering menjalankan program, maka di dalam laptop/notebook kita akan menyimpan temporari. Temporari adalah berkas yang tidak terpakai seperti sebuah riwayat atau histori dari suatu program, untuk menanganinya adalah dengan menggunakan cleaner. program cleaner yang tutorialservis sarankan adalah CC Cleaner, bisa di download CCleaner di google dengan gratis.

Jangan Simpan Data Di Drive C

Drive C adalah tempat khusus untuk sistem, jadi disarankan untuk tidak menyimpan data di drive ini. jika anda sudah terlanjur menyimpan data di drive c, pindahkanlah data tersebut di drive lain, misal di drive D, atau E. Menyimpan terlalu banyak data di drive c akan memperlambat kinerja laptop kita.

Akhirilah Program Yang Tidak Perlu

Maksudnya adalah akhirilah program yang dirasa tidak perlu dibuka ketika kita sedang bekerja. Misalnya, ketika kita sedang menggunakan microsoft word jangan membuka adobe photosop atau corel draw. Hal ini untuk mengurangi kinerja ram dan processor dari laptop/notebook agar tidak berat dan membuat lemot.

Akhiri Program Yang Memakan Memori

Agar kita mengetahui aplikasi/program yang menggunakan memori besar, tekanlah tombol pada keyboard Ctrl+Alt+Del, maka akan muncul kotak Task Manager. Lihatlah aplikasi yang yang menggunakan memori besar, pilih aplikasi tersebut lalu klik End Task atau End Procces.

Seperti gambar dibawah ini, tampilan tergantung Sistem Operasi yang kita gunakan. dibawah adalah contoh tampilan task manager dengan sistem operasi windows 10.

25-tips-mudah-merawat-laptop-dengan-baik-agar-tidak-lemot-dan-awet
Sumber: koleksi pribadi tutorialservis.com

Rajinlah Menyecan Virus Di Dalam Laptop/Notebook

Terkadang kita tidak sadar lemot pada laptop/notebook kita disebabkan oleh virus. Beberapa virus bisa menyebabkan laptop kita menjadi lambat, membuka program menjadi lama banget bahkan tidak terbuka. Maka untuk menangkalnya adalah dengan membersihkan virus tersebut.

Dowloadlah antivirus lokal dan internasional. Antivirus lokal yang disarankan adalah Smadav, untuk yang internasional bisa pakai AVG atau AVIRA.

Disable Starup Aplication

Ketika kita menghidupkan laptop/notebook ada aplikasi yang berjalan otomatis tanpa kita ketahui. Maka untuk mematikannya adalah dengan masuk ke menu Star, lalu pilih program, klik Starup.

Di dalam folder Starup tidak semua aplikasi terdeteksi, maka untuk mengetahui lengkap apa saja aplikasi yang berjalan tekan ctrl + alt + del pada keyboard, akan muncul kotak Task Manager, pilih Starup pilih aplikasi yang dikira tidak perlu, klik Disable.

Setting Windows Defender

Di laptop/notebook dengan sistem operasi Windows 8 dan 10 settinglah disable pada windows defender. Windows defender adalah antivirus bawaan microsoft yang fungsinya sama dengan antivirus pada umumnya. Tujuan kita menonaktifkan windows defender adalah supaya kita bisa menginstal antivirus pihak ketiga di dalam laptop kita.

Caranya Klik start pada windows 8 atau 10, klik setting atau bisa juga dengan menekan tombol Windows + I untuk cara cepat. Ketik di kotak pencarian Find a Setting, ketik Windows Defender, matikan pilihan Off pada Real Time Protection. Jika aplikasi ini tidak dinonaktifkan, sering mengganggu dengan muncul tiba-tiba dan jelas membuat kita tidak bisa fokus dalam bekerja sehingga pekerjaan kita tidak cepat selesai.

25-tips-mudah-merawat-laptop-dengan-baik-agar-tidak-lemot-dan-awet1
Sumber: koleksi pribadi tutorialservis.com

Uninstal Program Tidak Penting

Uninstal lah aplikasi yang dirasa tidak perlu digunakan, seperti double instal aplikasi photoshop dengan beberapa versi, corel beberapa, microsoft office double versi sehingga membuat kinerja laptop/notebook kita lambat. Gunakanlah 1 office, 1 corel draw, 1 adobe photoshop.

Instal Ulang

Ketika langkah-langkah diatas sudah dilakukan tetapi laptop tetap lemot, maka jalan terakhir adalah dengan melakukan instal ulang laptop kita. Installah sistem operasi yang ringan seperti windows xp atau versi yang lebih tinggi, tergantung spesifikasi laptop/notebook kita. Kalian bisa menginstal windows 7, windows 8 atau windows 10. Atau jika windows kalian adalah windows Original dari pabrikan vendor, maka cukup dengan repair windows 7 tanpa cd atau merecovery windows 7 tanpa cd

Gunakanlah Tas Khusus Laptop

Belilah tas khusus yang desainnya ada untuk tempat laptop, baik tas gendong atau slempang. Biasanya ketika membeli Laptop/Notebook sudah disertakan tas slempang.

Untuk Tas slempang, posisikan engsel laptop dibagian bawah. Tujuannya adalah menghindari benturan benda tumpul sehingga bisa menyebabkan layar Lcdnya bisa pecah.

Lindungi Dari Air Atau Benda Tumpul

Kadang ketika dalam perjalanan dan turun hujan kita tidak mau berteduh dahulu karena ingin segera sampai di tempat tujuan. Usahakanlah memakai jas hujan, atau minimal kita gunakan parasut pada tas kita. Jangan sampai laptop kita terkena air hujan sehingga menyebabkan laptop kita mati.

Tambahkan Stabilizer

Jika anda sering bekerja dengan laptop/notebook tambahkanlah stabilizer. Stabilizer berguna untuk menjaga arus yang tidak stabil masuk ke Laptop/notebook anda. Sehingga ketika anda bekerja anda merasa nyaman.

Jangan Makan di dekat Laptop/Notebook

Berusahalah agar tidak makan dekat-dekat laptop/notebook. Makanan kadang tanpa sengaja tumpah ketika kita makan. Hal ini ditakutkan karena jika kita makan di dekat laptop/notebook bisa mengenai komponen laptop. Jika sampai mengenai dan terjadi kerusakan, biaya yang kita keluarkan bisa mahal. Baca Juga: Cara Reset Canon G2000

Jangan Minum Di Dekat Laptop Atau Notebook

Pada tips sebelumnya adalah dilarang makan di dekat laptop/notebook. Maka minum lebih dilarang lagi, karena efeknya jika tanpa sengaja air tumpah di komponen laptop semisal keyboardnya. Maka kemungkinan keyboardnya akan rusak dan biaya yang kita keluarkan tidaklah sedikit. Apalagi jika mengenai komponen lain, akan sangat fatal.

Jangan Meletakan Laptop Atau Notebook Dibawah Benda Lain

Ketika kita meletakan laptop/notebook dibawah benda lain, akan sangat rentan laptop kita akan mengalami masalah. Seperti lcd atau casing tergores. bahkan bisa saja membuat laptop kita pecah.

Jangan Meletakkan Laptop Atau Notebook Di Lantai

Meletakan laptop di lantai akan sangat beresiko. Jika kita tanpa sengaja menginjak atau tanpa sadar menduduki laptop akan fatal masalahnya. Seperti Layar menjadi blank hitam, sampai layar bisa pecah. Layar LCD harganya lumayan mahal.

Bersihkan Komponen Laptop Atau Notebook

Rajinlah merawat laptop kita dengan membersihkan dari debu atau kotoran. Terkadang kita hanya memakai laptop tanpa memperdulikan kebersihannya. Belilah pembersih khusus laptop di toko komputer. Ingat ketika membersihkan layar dan keyboard matikanlah dahulu laptop kita.

Gunakanlah Laptop Atau Notebook Dengan Hati-Hati

Laptop/Notebook adalah perangkat yang rentan rusak jika terkena benturan benda tumpul dan keras. Jauhkanlah dari hal-hal tersebut. Selain itu Gunakanlah keyboard dengan hati-hati.

Baca: Cara Aktivasi Office 2013

Keyboard laptop dan komputer sangat berbeda penggunaannya. Jangan kasar ketika mengetik di laptop sehingga menyebabkan beberapa tombol jadi mati. Jika keyboard mati 1 huruf, kemungkinan bisa diservis kecil karena perangkatnya sangat kecil.

Gunakan Charger Sesuai Kebutuhan

Baterai laptop/notebook adalah sebuah benda yang memiliki kapasitas isi. Jadi ketika laptop/notebok sudah full charged 100% cabutlah charger dari laptop. Ketika baterai tinggal 20% maka colokkan kembali chargernya. Baterai yang sudah full tetapi terus di charge akan memperpendek umur baterai tersebut.

Gunakan Kipas Pendingin

Jika kita sering menggunakan laptop untuk bekerja lama sangat disarankan menggunakan kipas pendingin agar prosessor laptop kita tidak terlalu panas. Penggunakan kipas pendingin sangat membantu walaupun di dalam laptop sudah tersedia kipas. Belilah kipas pendingin dan gunakan jika kita akan bekerja dalam waktu lama.

Jangan Menggunakan Laptop Atau Notebook Diatas Tempat Tidur

Kadang kita suka bekerja atau bermain sosial media menggunakan laptop diatas tempat tidur. Hal ini sangat membahayakan jika kita terlalu sering. Ditempat tidur laptop kita langsung menempel dengan kasur/springbed sehingga perputaran udara di pembuangan tidak normal, sehingga laptop mudah panas.

Baca Juga: Cara Instal Office 2016

Selain itu menggunakan laptop diatas tempat tidur bisa membuat debu mudah masuk di kipas dalam laptop, debu yang masuk mudah menempel dan dalam jangka panjang bisa membuat kipas berjalan tidak normal, kipas mati. Jika kipas mati, maka akan sangat berpengaruh ketika laptop digunakan untuk bekerja, laptop akan lebih cepat mati karena processor panas sedangkan kipas yang berfungsi menngeluarkan udara panas tidak berfungsi.

Backup Data Penting

Hardisk laptop yang sudah lama digunakan biasanya kinerjanya akan menurun, seperti lama ketika diakses hingga hal fatal adalah hardisk tidak terbaca. Maka untuk solusinya adalah backuplah data penting kita agar jika suatu saat ada terjadi masalah pada hardisk, kita sudah mempunyai data salinan.

Gunakanlah Charger Yang Sesuai Voltasenya

Tips terakhir agar laptop kita awet adalah dengan menggunakan charger original. Terkadang ketika kita pergi dan lupa membawa charger laptop, kita biasanya akan meminjam charger milik orang lain atau beli. Disarakankan untuk menggunakan charger yang sesuai voltase dan outputnya sama dengan laptop kita.

Demikianlah Cara Mudah Merawat Laptop Dengan Baik agar tidak Lemot dan Awet yang bisa tutorialservis berikan. Semoga bermanfaat  dan dapat diterapkan dengan mudah. Terimakasih telah berkunjung.

Loading...