Cara Menggunakan Printer Canon Dengan Baik Dan Benar

Posted on

TutorialServis.Com | Printer Canon adalah printer yang banyak digunakan di masyarakat. Karena penggunaan dan cara merawatnya mudah. Printer ini terdiri dari printer yang single fungsi dan multifungsi.

Pada kali ini tutorialservis akan membagikan tutorial cara menggunakan printer canon yang baik dan benar. Sebelum menggunakan printer canon, tentu hal yang harus dilakukan adalah menginstalnya di dalam laptop/komputer terlebih dahulu. Setelah terinstal printer baru dapat digunakan.

Cara Menggunakan Printer Canon

Cara Menggunakan Printer Canon Single Fungsi

Printer canon single fungsi adalah printer yang hanya bisa digunakan untuk mencetak. Jenis printer ini adalah diantaranya seri Ip1980, ip1880, ip2770, ip2870 dll. Printer ini hanya bisa digunakan untuk mencetak dokumen dengan hasil warna dan hitam. cara menggunakan printer canon dengan baik

Printer jenis ini sangat mudah digunakan, karena ketika akan mencetak dokumen kita hanya tinggal tekan CTRL + P atau file print pada microsoft office. Printer canon single fungsi dapat mencetak dokumen dengan cepat dan tentu hasilnya tetap bagus.

Cara menggunakan printer ini adalah sebaiknya dipasang tabung infus untuk memudahkan pengisian tinta dan juga untuk menjaga cartridge agar tetap terisi tinta agar tidak telat atau kering. Baca juga:

Untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak penggunaan infus sangat penting agar kita mudah dan nyaman ketika menggunakannya.

  1. Pasanglah infus untuk mencetak dokumen banyak
  2. Setingglah printer agar cepat dalam mencetak dokumen. Yang paling penting adalah setting print quality dengan pilihan Fast.
  3. Mencetak secara bertahap. Ketika akan mencetak dokumen dalam jumlah banyak maka disarankan agar mencetaknya secara bertahap.
    – Setelah mencetak 100 -200 lembar beri jeda waktu 5 menit- 10 menit.
    – Matikan agar printer istirahat. Matikan selama kurang lebih 20-30 menit
  4. Apabila printer belum di beri tabung infus maka, setelah mencetak dokumen banyak isilah printer dengan isi ulang/refill.

Cara Menggunakan Printer Canon Multi fungsi

Printer canon multifungsi adalah printer canon yang memiliki fungsi lebih dari satu. Printer ini bisa mencetak, scan dokumen, fotokopi dan mengirimkan fax. Printer ini disebut juga dengan Printer All In One, karena semua fungsi digabung didalam 1 perangkat yaitu printer.

Canon banyak mengeluarkan produk printer yang multifungsi dengan kualitas yang bagus. Printer-printer keluaran canon adalah terkenal cepat dalam mencetak, dan dengan hasil yang sangat baik.

Jenis printer multifungsi dari canon diataranya, MP145, MP198, MP258, MP287, MP237, MG2570, G2000, G3000 dll. Untuk yang bisa sekaligus sebagai faxsmile diantaranya seri MX390, MX397cara menggunakan printer canon dengan baik

Printer ini bisa untuk mencetak, fotokopi, scan dan mengirim Fax. Berikut penjelasannya.

Cara Mencetak

Untuk mencetak dengan menggunakan printer canon multifungsi adalah sama dengan cara mencetak pada printer single fungsi. Cukup tekan CTRIL+P atau file print pada setiap program. Yang paling penting adalah kabel usb printer tersambung pada laptop/komputer.

Cara Fotokopi

Untuk mengggunakan fotokopi pada printer canon multifungsi cukup kabel power saja yang digunakan, tanpa harus mencolokkan kabel usb ke laptop.

  1.  Hidupkan printer dengan menekan tombol power
  2. Bukalah penutup scanner pada printer
  3. Masukanlah dokumen yang akan di copy, letakkan terbalik dan tutup kembali penutup scanner
  4. Jika ingin fotokopi dengan warna hitam, tekanlah tombol Black.
  5. Untuk fotokopi berwarna tekanlah tombol Colour.
  6. Tunggulah beberapa saat sampai hasil fotokopian keluar dari printer. Untuk hasil fotokopi warna biasany lebih lama dibanding fotokopi hitam.

Cara Scan Dokumen

Untuk menyecan dokumen pada printer canon multifungsi adalah pastikan software sudah terinstal pada laptop/komputer. Colokkan kabel USB pada laptop, dan kabel power pada listrik
– Hidupkan printer, tunggu sampai statusnya ready
– Masukanlah dokumen yang akan di scan pada scanner dengan posisi terbalik.
– Setelah itu Bukalah aplikasi Canon My Image Garden, setelah itu klik Scan. Kita dapat memilih jenis format, seperti document scan, auto scan, photo scan, stich scan atau custom scan pilih salah satu saja.
– Setelah itu proses scanning akan berjalan secara otomatis.

Loading...

Dapat juga menggunakan aplikasi Photoshop

– Pastikan dokumen sudah didalam scanner
– Bukalah Aplikasi Photoshop
– Klik menu File, lalu import via canon scan gear, maka printer akan menyecan. Tunggu beberapa saat hingga hasil scan muncul.

Setelah proses scan selesai maka dapat dilakukan pengaturan. Apabila hanya ingin mengambil pada bagian tertentu kita dapat mengubah crop. Lalu komputer secara otomatis akan menyimpan file hasil scan menggunakan printer. Lalu dapat menyimpan dengan nama yang di inginkan.

Hasil scan menggunakan printer Canon terlihat jelas dan tajam. Jika scan pada foto, maka yang dihasilkan adalah seperti foto aslinya. Jika scan pada dokumen maka hasilnya akan detail dan terang sama seperti aslinya.

Cara Mengirim Fax

Dalam sebuah perusahaan atau perkantoran kebutuhan akan fax sangat penting, hal ini berkaitan dengan berkas dokumen agar terkirim dengan mudah. Menggunakan printer canon yang sudah dilengkapi denan fax adalah sebuah keuntungan tersendiri. Walaupun biasanya lebih mudah menggunakan fax langsung, namun tidak ada salahnya menggunakan fax yang sudah sepaket dengan printer, seperti pada Canon MX390 atau MX395.

Untuk bisa menggunakan fax yang sudah terhubung menjadi satu dengan printer ini, ikutilah langkah demi langkah dibawah.

Mengirim Fax
Pertama yang harus dilakukan sebelum mengirim fax adalah memastikan bahwa printer terhubung dengan jaringan telepon. Sambungkan printer dengan telepon menggunakan kabel telpon yang bisa dibeli di toko komputer atau accesoris telepon.

Untuk mengirim fax menggunakan printer sebaiknya menelepon terlebih dahulu alamat nomor tujuan fax. Pastikan penerima dapat mengaktifkan fax agar fax dapat terkirim dengan benar. Tekan nomor tujuan fax dengan benar.

Langkah-Langkah Mengirim Fax Menggunakan Printer Canon MX 390
– Pastikan printer sudah dihidupkan
– Lalu Tekan tombol Fax/Faks
– Masukkan dokumen yang akan dikirim pada kaca platen/didalam ADF
– Aturlah kontras dan resolusi apabila diperlukan.
– Tekan tombol numerik pada printer, tekan nomor tujuan faks penerima
– Tekan tombol Warna (colour) jika anda ingin mengirimkan transmisi berwarna, atau tombol Hitam (Black) jika ingin transmisi hitam dan putih.
– Tunggu proses pengiriman

Demikianlah Tutorial Cara Menggunakan Printer Canon Dengan Baik Dan Benar. Semoga bermanfaat buat pengguna printer canon dimanapun berada.

Baca Juga:

Loading...