Tutorial Cara Mengatasi Laptop Kena Air dengan CEPAT

Posted on

TutorialServis.Com  Laptop adalah benda yang tidak tahan terhadap air, walaupun sudah banyak produk laptop yang tahan banting dan tahan terhadap air. Sering terdengar ada kejadian laptop terkena air baik air minum, kopi atau terkena air hujan.

Laptop yang terkena air akan menyebabkan beberapa kerusakan antara lain terjadi konslet (short) yaitu hubungan pendek yang dikarenakan sifat air yang konduktif.

Kerusakan lain adalah korosi atau kerusakan yang diakibatkan oleh cairan kimia yang terkandung dalam cairan yang mengenai laptop, seperti minuman bersoda. Perangkat lain juga yang rentan terhadap air adalah komponen elektronik dalam laptop, contohnya mainboard, processor, ram dll.

Air yang tumpah bisa masuk melalui celah-celah di laptop, seperti pada keyboard, atau dibagian kipas. Jika ini dibiarkan bisa masuk ke bagian dalam laptop dan kerusakan pun tak terhindarkan.

Apa saja langkah yang harus dilakukan apabila laptop terkena air dan bagaimana caranya? Kali ini tutorialservis akan membagikan tutorial cara mengatasi laptop kena air dengan cepat.

Cara Mengatasi Laptop Terkena Air

1. Jangan Panik dan Cepat Lakukan Hal Ini

Ketika air tumpah di ketika posisi laptop sedang menyala, sangat mungkin sekali air masuk keselah-selah komponen laptop dan ini bisa menimbulkan kabel konslet. Sebelum terjadi hal itu, maka SEGERA MATIKAN LAPTOP anda dan balik sampai air yang didalam keluar. Lalu lepas baterai dan kabel charger dari tempatnya.

2. Jangan Colokkan Charger

Ketika laptop yang terkena air masih dalam keadaan basah tentu hal ini sangat rentan terhadap konslet apabila kabel charger masih terhubung. Baiknya jangan mencolokkan charger di laptop agar tidak terjadi kerusakan fatal.

3. Keringkan Baterai

Jika baterai dan tempat baterai juga ikut terkena air, karingkan dengan menggunakan lap kering. Perhatikan bagian ujung plus-minus baterai yang biasanya berbentuk logam yang berwarna kuning. Jangan sampai terjadi kerusakan.

Loading...

4. Jemur Baterai

cara cek keyboard laptop

Jemurlah baterai yang basah, namun jangan terkena sinar matahari langsung. Jemurlah dengan melapisi/menutupi kain kering. Hal ini dikarenakan baterai tipe Li-Ion sensitif terhadap lingkungan yang panas sehingga bisa membuat struktur kiwia baterai rusak yang bisa beresiko meledak.

5. Lepas Keyboard

Jika air mengenai keyboard, segera lepaskan keyboard dari laptop dan jemurlah di tempat yang tidak terlalu panas dengan posisi terbalik. Apabila cairan yang tumpah seperti kopi, soda atau softdrink yang lengket, segera bersihkan dengan kuas pada selah-selah keyboard

6. Bongkar Laptop

Apabila tingkat air yang mengenai laptop cukup banyak, disarankan untuk membongkar laptop namun harus hati-hati. Lepaskan mainboard dari tempatnya, lalu keringkan, lepas hardisk juga untuk dikeringkan, ram, wifi dan komponen lain yang terkena air. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mainboard

7. Lepas LCD

Apabila air juga mengenai LCD, cara berikutnya adalah dengan melepas layar LCD laptop anda dan bersihkan dari air dengan menggunakan tisu kering. LCD adalah panel laptop yang terdiri atas lapisan-lapisan, apabila terkena air, sangat dimungkinkan air dapat mengisi celah diantara lapisan-lapisan tersebut. Efek yang ditimbulkan adalah flek putih di LCD.

8. Biarkan Laptop Sampai Benar-Benar Kering

Setelah anda melakukan langkah-langkah diatas, maka langkah selanjutnya adalah membiarkan laptop dalam posisi terbongkar sampai benar-benar kering.

9. Pasang Komponen Secara Benar

Apabila komponen yang dibongkar sudah benar-benar kering, langkah terakhir adalah dengan memasang komponen tersebut dengan benar. Pasang komponen pada tempatnya masing-masing.

Jangan sampai ada yang tertinggal tidak dipasang. Hidupkan laptop menggunakan chargernya, namun jangan langsung dinyalakan. Jika terjadi sesuatu misal ada bau hangus, segera lepas kembali. Bawalah laptop anda ketempat service.

Demikianlah Cara Mengatasi Laptop Terkena Air, semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Loading...