Cara Mengatasi Komputer Hang Sering Restart

Posted on

TutorialServis.Com | Pernahkah Anda mengalami kejadian sedang bekerja di depan komputer, mengerjakan tugas, menjalankan program, atau hanya sekedar bermain tiba-tiba komputer menjadi hang? tidak bisa digunakan total? Komputer Not Responding?

Terkadang komputer yang hang juga tidak bisa merespon apapun yang kita perintahkan. Seperti Keyboard dan Mouse tidak berfungsi, apapun yang kita perintahkan tidak bisa di eksekusi oleh komputer.

Komputer Hang, not responding dapat anda atasi dengan menekan tombol di keyboard CTRL+ALT+DEL lalu akan muncul jendela Task Manager, dan pilih aplikasi yang Not Responding dan menekan tombol End Task.

Cara Mengatasi Komputer Hang

Apabila langkah diatas tetap tidak mengatasi masalah, maka jalan satu-satunya adalah dengan menekan tombol Power pada komputer Anda sampai komputer mati.

cara mengatasi komputer hang

Komputer Hang atau tidak respon terjadi karena beberapa sebab. Pada kesempatan kali ini tutorialservis akan membagikan cara mengatasi komputer hang, sering restart dengan Mudah.

Pastikan anda membaca langkah demi langkah yang dituliskan dibawah ini dengan benar. Sehingga komputer dapat kembali dijalankan dengan normal.

Penyebab hang atau not responding bisa jadi karena Hardware dan Software. Langkah-langkah yang harus di lakukan adalah:

Mengatasi Komputer Hang, Sering Restart dan Not Responding

Cek AntiVirus

Cek antivirus pada komputer. Kapan terakhir anda menyecan virus pada komputer, hal ini bisa menjadi penyebab komputer hang dikarenakan terinveksi virus. Lakukan scan pada komputer secara teratur

Cek Program Komputer

Amati komputer, apakah komputer hang ketika menggunakan program tertentu saja? Jika ya, maka bisa jadi terdapat bug dalam program tersebut. Lakukanlah uninstal program yang menyebabakan hang tersebut

Jika hang muncul ketika Anda menggunakan perangkat tertentu, semisal mouse, keyboard atau modem atau ketika anda menambahkan ram pada komputer. Maka cara mengatasinya adalah dengan mengganti perangkat tersebut dengan yang lain. Hal ini terjadi karena kemungkinan perangkat tersebut tidak support pada komputer Anda

Jika masalah hang terjadi ketika komputer sudah dinyalakan dalam waktu yang lama dan bukan karena saat booting awal, kemungkinan terjadi Overheat pada komputer. Solusinya cek apakah suhu di dalam komputer panas. Jika panas, maka matikanlah komputer untuk beberapa saat agar performa menjadi stabil.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Power Supply

Jika masalah hang terjadi setelah Anda mengubah Setting pada BIOS, maka kembalikan Settingannya seperti semula.

Cek Arus Listrik Pada Komputer

Cek listrik pada komputer. Terkadang komputer yang hang dikarenakan listrik yang masuk di komputer tidak stabil, power supply yang berfungsi menyalurkan listrik di komponen komputer tidak bisa secara full, sehingga menyebabkan komputer hang. gunakanlah stabilizer agar listrik yang masuk ke komputer normal dan stabil

Jika anda sering bekerja dengan komputer dalam waktu yang lama, gunakanlah UPS untuk menyediakan daya ketika listrik tiba-tiba mati. Komputer yang tidak memakai UPS ketika mati listrik, maka komputer akan mati secara tiba-tiba, hal ini bisa menyebabkan hang atau tidak respon ketika dihidupkan kembali.

Cek Driver Terinstal

Gunakanlah driver asli komputer anda. Menggunakan driver yang bukan asli bawaan komputer bisa menyebabkan hang, karena tidak cocok dengan komputer yang anda miliki.

Cek Mainboard, CPU, Kipas

Apabila terjadi overheat pada komputer atau panas, bukalah heatsing dan kipas processor, lalu oleskan thermal pasta yang baru. lalu pasang kembali.

Bersihkan komponen komputer dari debu. Debu yang masuk bisa saja menyumbat pergerakan komponen komputer, seperti debu yang menempel di kipas processor dapat menyebakan kipas tidak berputar secara normal, hal ini menyebabkan komputer mudah panas dan mengakibatkan hang. Bersihkan menggunakan kuas

Cek VGA Card Komputer

Cek VGA Card. terkadang komputer bisa hang juga dikarenakan terjadi kerusakan pada VGA card. Jika terjadi hal seperti ini, maka gantilah VGA card dengan yang baru.

Cek Memori Ram

Cek Memori Ram. Memori Ram juga bisa menjadi penyebab komputer hang atau tidak respon. Silakan bersihkan memori dari debu. apabila menggunakan 2 memori coba lepas salah satu atau dua-duanya lalu bersihkan

Apabila semua cara diatas tidak membuat komputer berjalan dengan normal, maka langkah terakhir adalah dengan meng instal komputer anda dengan sistem operasi yang baru. Demikianlah cara mengatasi komputer hang dan sering restart dengan mudah. Semoga bermanfaat