3 Cara Membuat Swipe Up di Instagram Stories

Posted on

Perkembangan Instagram terus mengalami kemajuan. Dulu orang hanya berbagi foto dan video, menyimpan video instagram, menyimpan foto sekarang bisa Membuat Stories di Instagram dan juga bisa menambahkan Swipe Up.

Swipe Up merupakan pembaruan terbaru dari Instagram dimana Anda pengguna bisa mengarahkan atau memasukkan link didalam Link. Swipe Up bisa membantu buat kamu yang ingin mengarahkan pengikutmu atau orang lain untuk menuju Bisnis kamu, Channel youtube kamu atau website.

Seperti pada fitur lain di Instagram, fitur ini dapat diakses atau dibuat jika kamu memiliki akun yang sudah diverifikasi dari pihak Instagram. Serta Followermu minimal 10.000 Follower.

Jadi fitur ini sebenarnya telah ada sejak tahun lalu tepatnya di bulan Mei 2017. Dengan link di stories ini juga telah tersedia jika kamu sudah mengubah Profil Instagrammu ke Business profile. Untuk menambahkan link swipe up berikut ini cara yang bisa kamu pelajari. Meskipun followermu belum 10k, jika penasaran ingin membuatnya mari ikuti cara swipe di instagram yang saya berikan.

Cara Membuat Swipe Up di Instagram Stories

Cara Membuat Swipe Up di Instagram Stories

Untuk langkah pertama, silakan buka Instagram kamu kemudian buka Fitur Instagram Stories. Selanjutnya ambil foto, video atau masukkan video yang sudah ada di galeri mu. Impor foto atau video dari galeri juga bisa kamu lakukan.

Lalu, untuk membuat link URL, klik Chain Link Icon yang terletak di bagian atas Story kamu.
Cara Membuat Swipe Up di Instagram Stories

Akan muncul tampilan window baru di layar smartphone kamu dan memberikan kamu untuk memasukkan link destinatin dari pilihanmu

Masukkan alamat URL dengan lengkap dan tap di tanda crosscheck yang berwarna hijau (pada Android) atau “done” (pada iOS) untuk menyimpan (save) linknya.
cara swipe up di story instagram

Perlu juga kamu tau, bahwa analisis Instagram Story saat ini tidak melacak URL yang diklik. Maka, apabila kamu ingin mengukur traffic dan konversi, pakailah link yang dapat dilacak secara terpisah. Baca Juga: Tutorial Cara Instal Instagram For Windows 10

Sangat disarankan untuk menggunakan link shorterner (pemendek link) seperti Bit.Ly atau pemendek link lain.

Apabila kamu sukses menghubungkan URL ke story mu, chain link icon akan terlihat putih seperti gambar dibawah.

cara menambahkan link di instastory android

Kemudian edit story kamu, tambahkan content lain misalnya text, sticker, atau filter dari instagram ke Storymu. Misalnya ingin menambahkan Call to Action dalam teks story mu untuk mengarahkan audience agar mengakses link. Contoh yang sering terlihat di akun Instagram adalah Swipe ke atas untuk melihat lebih banyak, swipe up check my video, swipe up untuk lihat keseruan lainnya. Lalu upload story kamu.

Apabila telah kamu upload, maka orang-orang yang melihat postingan instagram storymu akan melihat opsi See More, Swipe Up atau yang lain di bawah story yang kamu buat tadi. Contohnya seperti dibawah ini.

swipe up instagram android

Cara Efektif Menggunakan Link Swipe Up di Instagram Stories

Meskipun kamu telah menambahkan link Swipe up di storiesmu, terkadang audience masih melewatkan karena tidak tahu, maka ada beberapa cara untuk meng efektifkan link instagram stories yang kamu buat.

  • Sebaiknya tidak semua postingan story mu ditambahkan link swipe up. Cukup berapa dari postingan baiknya 1 atau 2 saja.
  • Jika story kamu berisi 4 atau 6 postingan, maka hanya perlu menambahkan 1 link saja.
  • Namun kalau story kamu berisi 6 sampai 8 postingan, kamu bisa memasukkan 2 link di postingan yang paling kamu senangi.
  • Kamu sebaiknya memastikan jika link yang kamu lampirkan mempunyai nilai atau contes untuk storymy. Ini bertujuan supaya dapat memberikan manfaat dari apa yang kamu berikan kepada audience atau followermu.

Cara Mengarahkan Traffic ke Post Blog di Instagram Stories

Jika kamu memiliki sebuah blog dan ingin orang-orang berkunjung di blog mu, maka dapat menyelipkan link blog kamu ke dalam Instagram Stories.

Dengan menambahkan link sebagai strategi pemasaran. Kamu tidak saja memberi notifikasi kepada orang-orang jika kamu mempunyai blog baru, tetapi juga memasukkan link akan mengarahkan mereka secara langsung ke blog. Lihatlah contoh berikut.

Cara Mengarahkan Traffic ke Post Blog di Instagram Stories

Atau jika kamu memiliki sebuah akun youtube juga bisa mengarahkan audience mu untuk melihat secara langsung video youtube mu dari link URL yang kamu selipkan di Instagram stories.

Dengan seperti itu orang akan secara langsung mengunjungi channel youtube yang kamu buat. Cara-cara seperti diatas juga bisa kamu terapkan jika kamu memberikan sebuah tutorial memasak, tutorial DIY ataupun tombol CTA untuk mengarah pada bisnis yang kamu miliki. Itulah beberapa cara untuk menambahkan atau membuat Swipe Up link di Instagram Stories. Semoga bermanfaat.

Tambahan:

Untuk dapat menshare link, akun Instagram kamu harus terverifikasi dan dalam proses verifikasi pihak Instagram memberikan pertimbangan dari aspek banyaknya follower aktif dan engagement kamu dengan audience mu.
Dan juga kamu harus mengubah akun menjadi Bisnis atau tidak di private.

5/5 (1)

Nilai Kualitas Konten

Gravatar Image
TutorialServis adalah situs yang menyediakan berbagai tutorial memperbaiki Komputer, Laptop, Printer, Windows, Review, Android, iOS, dan lain-lain Terupdate