[100% WORK] Cara Ampuh Mengatasi Canon Mp287 Error B200

Posted on

TutorialServis.Com | Kali ini tutorialservis akan membagikan cara Ampuh mengatasi canon Mp287 error B200. Printer ini tergolong sering mengalami error, baik minta reset atau hanya sekedar resume.

Error B200 Canon Mp287 ini ditandai dengan munculnya P10 pada printer dan dilayar monitor kita menampilkan error B200.

Cara Ampuh Mengatasi Canon Mp287 Error B200

Penyebab Printer Canon Mp287 Error B200

  • Penyebab yang pertama adalah power supply dalam printer tidak stabil. Hal ini dikarenakan arus yang masuk dari adaptor printer tidak stabil. Karena tidak stabil maka printer tidak bisa bekerja dengan baik dan akhirnya menunjukan error b200. Solusi untuk adaptor yang tidak stabil adalah dengan mengganti yang baru atau bekas tetapi masih bisa digunakan.
  • Sebab lain Mp287 error b200 adalah karene over head atau kelebihan beban pada printer sehingga printer menampilkan error b200. solusinya adalah dengan mengganti cartridge yang masih hidup kita pasangkan pada printer, lalu setelah normal lepaskanlah cartridge dan ganti dengan cartridge bawaan printer sebelumnya.
  • Yang paling sering terjadi pada canon Mp287 error b200 adalah karena kerusakan pada mainboard printer. Kerusakan ini karena terdapat resistor pada printer yang putus atau rusak karena printer terlalu sering digunakan sehingga bocor. Cara mengatasinya adalah, ikuti langkah demi langkah yang akan dijelaskan dibawah ini.

Cara Mengatasi Canon MP287 Error B200 atau Kode P10:

  1. Bongkarlah tutup casing printer sebelah kanan, atau pada sisi yang terdapat banyak tombolnya. Lepaskan baut, dibawah tombol-tombol. Lalu Lepaskan casing samping dengan hati-hati.
  2. Lepaskan Mainboard dari bodi printer dengan melepas baut-baut yang terpasang. Jangan lupa lepaskan pula kabel-kabel yang terpasang pada mainboard, hati-hati jangan sampai ada kabel yang putus.
  3. Siapkan resistor R301 untuk mengganti komponen yang rusak dimainboard printer. Bila anda tidak mempunyai stok resistor R301 bisa beli online atau beli ditempat servis printer.
  4. Lepaskan resistor R301 dari mainboard menggunakan blower dan solder. hati-hati dalam melepas, jangan sampai mengenai resistor lain.
  5. Lalu pasang resistor R301 yang baru pada mainboard.
    canon mp287 error b200
  6. Setelah selesai mengganti resistor, pasang kembali mainboard printer ke tempatnya. Pasang kabel-kabel yang tersambung dan dibaut secara benar. pastikan tidak ada yang kabel tertinggal dipasang karena akan menyebabkan error.
  7. Pasang kembali casing dan baut dibawah tombol-tombol.
  8. Colokkan printer dengan kabel dan hubungkan dengan komputer/laptop anda.
  9. Printer siap digunakan.

Demikianlah cara mengatasi canon mp287 error b200 atau yang biasa muncul P10.
Semoga bermanfaat.

Baca Juga: