7 Tips Merawat Laptop Untuk Pemula

Posted on

TutorialServis.Com | Mempunyai sebuah laptop baru tentu menyenangkan buat pemula ataupun kita. Karena dengan memiliki sebuah laptop, kita selangkah lebih maju dibandingkan sebelum memilikinya. Kegunaan laptop yang sangat banyak, sangat membantu kita dalam bekerja dan menyelesaikan tugas ataupun project yang sedang dikerjakan.
cara merawat laptop untuk pemula

Untuk sebagian pemula mungkin tidak terfikir bahwa laptop baru bukan berarti tanpa kendala yang muncul. Tak jarang ada kasus atau masalah yang ditimbulkan oleh laptop sekalipun masih baru.

Mungkin ada yang bingung bagaimana cara merawat laptop yang baik, apakah menggunakan charger ketika memakai, atau melepas baterainya. Kadang ini menjadi dilema tersendiri jika masih pemula.

Laptop yang dirawat dengan baik membuat laptop akan berumur panjang. Sehingga tentu saja dapat menemani penggunanya sehari-hari dan bekerja lebih enjoy.

Oleh karena itu, kali ini tutorial servis akan membagikan tips merawat laptop dan membersihkan untuk pemula. Tips yang mudah dan pastinya tidak membutuhkan alat yang mahal.

7 Tips Merawat Laptop Untuk Pemula

Tips Merawat Laptop Untuk Pemula

  1. Bersihkan Layar

    Membersihkan bagian layar atau lcd laptop adalah hal yang ringan yang perlu dilakukan oleh pemula. Selain untuk mengurangi debu yang menempel, juga membuat laptop tidak buram. Cara sederhana untuk membersihkan laptop adalah dengan menggunakan kain halus dan lembut atau bisa juga dengan tisu kering.

    Saat ini sudah banyak dijual dipasaran cairan pembersih laptop. Cairan ini berfungsin untuk menghilangkan debu atau kotoran ringan yang menempel pada laptop. Biasanya tersedia dalam 1 paket, yaitu kuas, cairan pembersih dan kain lap.

  2. Bersihkan Body

    Selain membersihkan layar untuk pemula juga harus membersihkan body laptop. Terutama dibagian bawah dan atas laptop. Dengan menggunakan cairan yang disebutkan pada cara 1 diatas tentu lebih mudah dan menjadikan laptop bersih kembali.

  3. Bersihkan Keyboard

    Untuk membersihkan keyboard hal yang harus diperhatikan adalah pastikan laptop pada kondisi off atau mati. Keyboard lebih sering terkena debu dan kotoran yang masuk di sela-sela tombolnya.

    Untuk membersihkan keyboard bisa menggunakan kuas kecil atau dapat juga menggunakan eye shadow alat kecantikan karena mirip juga dengan kuas. Bersihkan lah sela-sela tombol pada keyboard dengan hati-hati. Cara ini sangat recomended untuk pemula dalam merawat laptop. Ikuti Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error Dengan MUDAH Jika keyboard laptop error.

  4. Lepas Charger Ketika Laptop Sudah Full Charged

    Cara merawat laptop untuk pemula selanjutnya adalah melepas charger ketika laptop sudah full charger baterainya. Mengecas laptop adalah membutuhkan waktu yang lumayan lama, biasanya 2 jam lebih. Dan ketika sudah full terisi, maka segeralah cabut charger dari laptop.

    Hal ini sangat direkomendasikan karena bisa membuat baterai lebih awet dan tidak bocor. Sehingga dapat bertahan lama dan tentunya baterai tetap dalam performa terbaiknya.

    Kadang kebanyakan pengguna laptop lupa mencabut charger ketika sudah full baterai. Ini bisa saja menyebabkan baterai overcapacity karena sudah 100% tetapi charger tetap tersambung. Lama-kelamaan bisa membuat baterai menjadi tidak stabil/normal, jika terus terusan dapat merusak baterai seperti tidak bertahan lama, cepat nge-drop atau lowbatt dan puncaknya adalah baterai tidak mau menyimpan energi kembali.

  5. Gunakan Keyboard Dengan Hati-Hati

    Keyboard laptop sangat sering terjadi masalah, bisa karena terlalu kasar ketika menekan tombolnya atau karena banyak debu dan kotoran di keyboard. Cara merawatnya adalah dengan tidak terlalu kasar dalam menekan tombol-tombolnya.  Baca :Tutorial Cara Cek Keyboard Laptop error [ONLINE dan OFFLINE]

    Walaupun hal ini tidak menjadi keyboard tetap normal, setidaknya tidak mempercepat tombolnya cepat error. Karena berdasarkan pengalaman admin, banyak laptop yang sering error tombol keyboardnya. Hal ini dikarenakan banyak debu dan kotoran atau karena terlalu keras dalam menekan tombol-tombolnya.

  6. Jangan Letakkan Barang Diatas Laptop

    Cara Merawat laptop yang baik dan benar adalah salah satunya jangan meletakkan barang diatas laptop. Meletakkan barang atau sesuatu apapun diatas laptop rentan terhadap kerusakan laptop itu sendiri. Baik barang yang berat ataupun ringan. Misalnya adalah buku, atau alat listrik.

    Karena jika meletakkan barang diatas laptop seperti buku atau barang berat lainnya bisa saja membuat laptop menjadi error pada hardwarenya. Seperti layar menjadi bergaris, atau blank putih atau yg lebih parah adalah pecah. Layar yang rusak karena terbebani oleh barang diatasnya tidak dapat diperbaiki, hanya bisa diganti dengan yang baru.

  7. Cek Program, Antivirus, Dan File

    Mengecek program dan file sangat diperlukan agar laptop tetap dalam performa yang baik. Seperti dengan membersihkan file-file yang tidak terpakai. Gunakanlah aplikasi cleaner pada laptop.

    Yang penting lainnya adalah dengan mengecek antivirus apakah masih update atau sudah kadaluarsa. Hal yang perlu dilakukan adalah mengupdate atau mendownload versi terbaru dari antivirus tersebut. Ini sangat membantu agar laptop tetap aman dari serangan virus. Cara membersihkan virus yaitu cukup dengan menyecannya.
    Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Virus Di Laptop/Komputer [100%AMPUH]

Nah itulah 7 tips cara merawat laptop untuk pemula yang pastinya sangat membantu pengguna laptop yang masih pemula atau baru menggunakan laptop. Semoga bermanfaat

Baca Juga:

Gravatar Image
TutorialServis adalah situs yang menyediakan berbagai tutorial memperbaiki Komputer, Laptop, Printer dan Windows Terupdate