Cara Merekam Pesan Suara di Whatsapp Tanpa Tahan Tombol

Posted on

Seperti yang telah banyak orang tahu, bahwa aplikasi pesan Whatsapp saat ini seolah wajib ada pada smartphone Android. Setiap orang hampir memiliki aplikasi berbasis pesan chatting ini.

Karena kemudahan dan penggunaan yang ringan karena siapapun bisa mengoperasikan whatsapp ini. Selain itu setiap grup atau komunitas tertentu sekarang sudah banyak memanfaatkan aplikasi Whatsapp untuk berkomunikasi dan bertukar informasi. Baik menggunakan smaprthone atau menggunakan whatsapp web yang berbasis pada laptop pc.

Hanya saja untuk penggunaan whatsapp pada laptop, anda harus tetap mensinkronasikan dengan perangkat seluler yang Anda miliki. Tujuannya adalah agar terhindar dari celah penyusup atau hacker mengakses whatsapp anda.

Pada whatsapp anda bisa mengirimkan pesan, pesan suara, emoticon, emoticon gift dan sticker, video call, berkirim file. Hal ini tentu saja menambah kegeraman berkirim pesan singkat dan tidak membosankan ketika sedang chatting.

Fitur baru pada Whatsapp salah satunya adalah cara mengirim pesan suara yang tidak harus menekan dan menahan tombol Microfon.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk kalian yang sering mengirim pesan suara dalam durasi lama namun tidak ingin terus-terusan menahan tombol mic. Bakalan capek kan 😀
Cara Merekam Pesan Suara di Whatsapp Tanpa Tahan Tombol

Untuk itu sebuah fitur baru whatsapp telah dikeluarkan tahun ini. Penggunaan fitur ini akan mempermudah karena mampu mengirim pesan secara Hands-free atau lepas tangan. Fungsi fitur ini berjalan dengan mengunci perekaman, atau dijalankan terus sampai dihentikan oleh pengguna.

Seperti yang kita ketahui selama ini, pengguna harus menekan tombol perekaman terus menerus untuk membuat pesan suara. Oleh karena itu hal yang membuat capek jari atau membuat anda merasa bosan fitur ini sangat membantu.

Cara Merekam Pesan Suara di Whatsapp Tanpa Tahan Tombol

Untuk menggunakan cara ini ikutilah langkah-langkah berikut. Setelah anda menekan dan menahan tombol mikrofon, akan muncul sebuah pilihan baru bernama “Slide up to lock recording” atau dalam Whatsapp bahasa Indonesia adalah “Geser ke atas untuk mengunci perekaman“.
Slide up to lock recording

Kemudian sapukan jari anda ke atas dan Whatsapp akan mengunci perekaman sehingga bisa merekam tanpa tombolnya ditahan. Begitu perekaman suara dikunci, anda tetap dapat melakukan scrolling chat dalam jendela obrolan yang terbuka. Anda juga masih dapat membatalkan perekaman dan menghapus tanpa mengirimkannya.

Selama ini kita sebagai pengguna Whatsapp harus menekan dan menahan tombol mikrofon dengan jari untuk melakukan perekaman. Proses perekaman suara hanya akan terus berjalan selagi jari masih berada di tombol sehingga tidak bisa lepas tangan.

Cara Membatalkan Pesan Suara

Ketika anda berhasil merekan pesan suara namun ingin membatalkannya, maka caranya adalah setelah rekaman berhasil dibuat, disamping kiri tombol mikrofon ada pilihan “Slide to cancel” atau jika di bahasa Indonesia adalah “Batal” silakan lihat kembali gambar diatas sebagi contohnya.

Selain fitur baru ini anda juga bisa mencoba fitur yang akan hadir yaitu melihat ukuran sticker sebelum mendownloadnya di smarphone anda dan mengetahui whatsapp di sadap.

Selain itu Whatsapp sekarang telah disediakan untuk Anda yang ingin berjualan atau korporasi. Yaitu Whatsapp Business. Perbedaannya tentu sangat banyak antar Whatsapp Mesenger dan Whatsapp Business.

7 Perbedaan Whatsapp Messenger dan Whatsapp Business
Perbedaan Whatsapp Messenger dan Whatsapp Business

Logo Yang Berbeda

Logo berbeda. Perbedaan pertama adalah logo pada WA Business yaitu terdapat Huruf Kapital dengan tulisan “B” yang berlatar belakang warna hijau khas Whatsapp. Logo pada WA Business tersebut jelas berbeda dengan logo WA Messenger yang hanya bergambar telepon. Untuk mengunduh WA Business anda bisa mengunjungi Playstore atau klik >> Whatsapp Business 

Bisa Pakai Nomor Telepon Rumah

WA Business Bisa memakai atau menambahkan nomor telepon rumah atau kantor. Sangat berbeda sekali dengan WA Messenger yang hanya memakai nomor telepon. Pada WA Business dapat memakai sekaligus menambahkan nomor telepon rumah ataupun kantor anda walaupun bisa saja hanya menggunakan nomor telepon.

Pihak Whatsapp memberikan saran agar tidak mengganti nomor seluler dan menetukan satu nomor yang bersifat permanen. Anda dapat menggunakan WA Business dan WA Messenger dalam satu smartphone namun harus memakai nomor telepon yang berbeda di aplikasi tersebut.

Bisa Membalas Pesan Otomatis

Fitur pada WA Business dapat memungkinkan untuk anda mengatur balasan secara otomatis apabila memperoleh pertanyaan yang smaa dari konsumen atau pelanggan.

Pengaturan tersebut juga dapat dipakai untuk mengirim pesan otomatis dalam menyambut konsumen baru. Hal ini tentu saja tidak ditemukan pada WA Messenger yang penggunaanya lebih pada personal.

Melihat Statistik Pesan Terkirim dan Diterima

Pada WA Business, anda sebagai pebisnis dapat melihat statistik pesan terkirim atau pesan yang diterima. Fitur ini tidak ditemukan pada WA yang hanya untuk personal.

Dapat Memilih Kategori Bisnis

Selain dapat memberikan informasi tentang profil perusahaan, misalnya jam operasional, situr resmi, lokasi. Anda sebagai pebisnis juga dapat memilih kategori bisnis yang tersedia. Tidak harus dipakai oleh perusahaan besar, WA Business juga sangat bisa sekali dipakai oleh UKM atau usaha kecil lain. Apabila kategori bisnis yang anda cari tidak terdapat pada pilihan yang disediakan, maka anda dapat memilih kategori “Others”

Verifikasi AKun Warna Hijau

Centang Hijau pada WA Business tidak seperti WA Messenger yang tidak ada proses verifikasi. Pada WA Business terdapat verifikasi pada akun pebisnis.

Fitur ini berbeda dengan centang biru pada akun terverifikasi pada Instagram atau Twitter, akun yang sudah dilakukan verifikasi oleh WA Business akan diberikan tanda centang warna hijau. Apabila Anda melihat lencana dengan warna hijau pada sebelah nama kontak, maka artinya Whatsapp sudah melakukan verifikasi apabila nomor itu adalah benar milih perusahaan.

Pesan Masuk Berdasarkan Kateogori Labels

Fitur ini muncul pada versi baru. Dengan “Labels” anda sebagai pebisnis dapat melakukan pengkategorian pesan masuk tertentu menjadikan komunikasi dengan konsuemen lebih bisa diorganisir.

Itulah cara rekam suara tanpa tahan tombol dan beberapa informasi lainnya pada Whatsapp. Semoga bermanfaat untuk kalian.

5/5 (1)

Nilai Kualitas Konten