20 Tips Ampuh Cara Menghemat Baterai Laptop (Win 7,8,10)

Posted on

TutorialServis.Com | Semakin berkembang zaman, semakin maju teknologi kebutuhan akan perangkat mobile tentu semakin penting. Hal yang sama juga terjadi pada laptop, semakin kesini desain semakin tipis mudah dibawa kemana tidak seperti jaman dulu.
cara menghemat baterai laptop

Dulu Laptop yang tebal, dan berat dan harganya pun mahal sudah bagus. Tapi sekarang desainnya keren, tipis dan ringan tentu saja dengan kinerja yang mumpuni. Jika dulu laptop dan baterai bisa dilepas maka sekarang baterai lebih banyak langsung dipasang didalam laptop dan tidak bisa dilepas.

Kemampuan laptop semakin ditingkatkan, handal dan ketika digunakan untuk bekerja lebih kencang. Semakin canggih spesifikasi dari laptop tentu harus ditunjang dengan ketahanan baterai sebagai media penyimpan energinya.

Daya tahan baterai untuk saat ini memang tergolong lebih panjang dan lebih hemat namun tetap saja, namanya didepan laptop waktu tidak terasa terlewati begitu saja. Dan tiba-tiba baterai menjadi tinggal beberapa persen saja.

Oleh karena itu berikut ini tutorialservis akan membagikan cara menghemat baterai laptop, baik untuk windows 7, windows 8 dan Windows 10 dengan tujuan agar laptop anda awet dan tahan lama.

Tips Ampuh Cara Menghemat Baterai Laptop (Win 7,8,10)

Cara Menghemat Baterai Laptop

  1. Matikan Wireless

    Wireless menguras energi laptop walaupun pada kondisi tidak tersambung dengan jaringan wifi disekitar anda. Jadi alangkah lebih baik untuk mematikannya. Wireless yang hidup terus tanpa dimatikan akan sangat menghabiskan energi didalam laptop anda.

  2. Matikan Bluetooth

    Mematikan bluetooth juga dapat menghemat baterai laptop. Sama dengan wireless, bluetooth yang tetap hidup tapi tidak tersambung dengan perangkat lain akan tetap menyedot energi dari laptop anda. Jadi apabila setelah menggunakan bluetooth jangan lupa untuk menonaktifkan. Langkah sederhana ini dapat menghemat baterai agar tidak cepat habis

  3. Kurangi Kecerahan Layar Laptop

    Kecerahan atau brightness yang terlalu tinggi sudah pasti akan membuat baterai terpakai lebih banyak. Sebaiknya mengatur kecerahan denan level sedang, atau jika menggunakan laptop dimalam hari jangan terlalu terang. Karena selain menghemat baterai juga dapat menghindari kerusakan mata anda.

  4. Matikan Program Yang Tidak Digunakan

    Ketika bekerja terkadang kita latah atau tanpa sengaja membuka banyak program. Baik program ringan atau berat, hal ini tentu saja membuat konsumsi energi di baterai lebih banyak terbuang karena program yang dibuka tidak digunakan.

    Langkah yang baik adalah dengan menutup program yang tidak digunakan atau diperlukan. Sehingga sedikit mengurangi konsumsi baterai agar tetap awet dan tahan lama.

  5. Stop Program Yang Berjalan Di Background Sistem

    Maksudnya adalah menghentikan program yang berjalan dibalik layar, seperti adobe reader, windows update dan lain-lain. Program yang berjalan dibalik layar tanpa kita sadari telah mengurangi baterai dengan cepat.

    Jadi pastikan anda menghentikkanya dengan cara end proses di taks manager. Ini penting karena progam tersebut selalu muncul apabila tidak dihentikan prosesnya.

  6. Jangan Mainkan Kepingan DVD/CD Langsung Di Laptop

    Jika anda hendak memainkan kaset cd atau dvd dilaptop sebaiknya data didalam cd tersebut dipindah/copy terlebih dahulu di laptop. Karena jika memainkan cd/dvd langsung didalam laptop terlalu sering bisa membuat laptop error dan kinerja lebih berat yang tentu saja menguras energi baterai.

    Sebaiknya jangan memutar cd/dvd ketika ada program lain yang sedang digunakan atau sedang bekerja. Karena ini akan membuat laptop cepat panas dan baterai cepat habis.

  7. Gunakan Multimedia Seperlunya

    Ketika bekerja tentu akan lebih tenang dan enjoy ketika ditemani musik atau alunan lagu instrumen. Ini memang tidak terlalu memakan baterai, tetapi alangkah baiknya gunakan volume standar. Jangan terlalu keras atau volume penuh. Walaupun sederhana, tetapi cara ini mampu menghemat baterai agar tidak cepat habis.
    Baca Juga:

  8. Mainkan Film Dalam Media Player

    Selain cara no.7 sebaiknya ketika akan memainkan film baik di cd atau film download tan sebaiknya gunakan media player yang mudah dan tidak berat. Gunakan alplikasi gomplayer atau media player classic. Ini bisa menghemat baterai walaupun tidak terlalu banyak.

  9. Gunakan Power Saver

    Untuk semua pengguna windows 7, windows 8 dan windows 10 tentu lebih hemat baterai karena telah disediakan tools penghemat baterai yaitu baterai saver. Aktifkan fitur ini agar ketika anda menggunakan laptop tetap hemat baterai.
    Cukup lihat pada taksbar laptop anda, biasanya akan muncul fitur ini.

  10. Gunakan Mode Airplane Ketika Tidak Tersambung Internet

    Menggunakan airplane mode akan membuat anda lebih tenan karena konsumsi baterai otomatis akan dihemat oleh sistem laptop. Ketika anda hendak bepergian atau naik pesawat fitur ini sangat penting untuk diaktifkan karena bisa menghembat baterai laptop lebih banyak.

  11. Nonaktifkan Location

    Untuk pengguna Windows 10 fitur ini dapat menunjukan dimana lokasi kita berada. Hal ini akan terlihat apabila kita akan berbagi status dimedia sosial, fitur ini seperti GPS yaitu akan menunjukan lokasi keberadaan kita sehingga orang lain akan tahu. Sebaiknya matikan saja fitur ini, karena selain untuk keamanan juga agar baterai tetap awet dan tahan lama.

  12. Downloadlah Video Internet, Jangan Streaming

    Mendownload video secara langsung akan menghemat baterai daripada streaming video secara langsung. Tahu sendiri kan jaringan di Negera kita belum stabil disetiap daerah, streaming video akan lebih cepat menguras baterai cepat habis.

    Lebih baik download video terlebih dahulu baru memainkannya secara offline di laptop anda. Tentu akan menghemat baterai lebih banyak dari pada steaming langsung.

  13. Ubah Power Dan Sleep

    Anda bisa mengubah settingan berapa lama layar lapto mati secara otomatis ketika laptop tidak digunakan atau disentuh. Cara ini akan menghemat baterai ketika tiba-tiba ada keperluan lain dan anda lupa meng sleep laptop anda.

    Klik setting lalu pilih System dan klik Power & Sleep. Cara ini sangat bermanfaat untuk anda yang sering menggunakan laptop windows 10 ataupun windows 8.

  14. Nonaktifkan Program Yang Ada Pada StarUp Windows

    Hampir mirip pada cara 5 langkah ini bisa menghemat program2 yang secara otomatis berjalan ketika starup windows. Program ini secara otomatis berjalan di background dan mengkonsumsi energi baterai secara diam-diam tanpa kita ketahui.

    Untuk mematikan program starup cukup masuk task manager dan men setting Disable program tersebut. Semakin banyak program starup yang anda disbale maka konsumsi baterai akan semakin sedikit. Dan sudah pasti membuat baterai lebih awet dan laptop tahan lama.

  15. Setting Off Aplikasi Background Apps

    Untuk pengguna windows 10 biasanya banyak aplikasi bawaan yang secara default sudah ada ketika menginstalnya. Aplikasi ini berjalan dibackground sistem windows 10. Maka lebih baik di nonaktifkan, caranya cukup sederhana yaitu buka Settings lalu pilih Privacy lalu pilih Background Apps. Cukup dengan menggeser tombol Off aplikasi background yang diinginkan.

    Contoh aplikasi yang tidak digunakan adalah seperti Get Office, Weather, Xbox, Groove dan lainnya. Semakin banyak aplikasi yang dinonaktifkan maka baterai anda semakin lama habisnya.

  16. Nonaktifkan Windows Update

    Untuk anda yang bekerja secara offline sebaiknya mematikan windows update pada laptop. Cara ini tentu bisa diterapkan pada windows 7, windows 8 dan windows 10. Karena windows update berjalan otomatis apabila laptop tersambung dengan internet. Ini bisa memakan waktu yang lama ketika proses update otomatis dan tentu saja menghabiskan daya baterai. Untuk itu lebih baik menonaktifkan Windows Update pada laptop anda.

  17. Cabut Charger Ketika Sudah Full Mengecas

    Seperti cara merawat laptop untuk pemula pada artikel sebelumnya. Yaitu ketika mengecas laptop dan sudah full 100% maka segeralah mencabut charger dari laptop. Ini memang dianjurkan agar laptop tidak over capacity dan baterai tetap pada kondisi stabil.

  18. Tempatkan Laptop Pada Ruangan Tertutup Dan Dingin

    Ruangan atau tempat sangat berperan pada tingkat panas laptop. Oleh karena itu gunakanlah tempat yang sejuk, tertutup dan jika anda mempunyai uang yang cukup pasang pendingin pada ruangan tersebut.

    Kondisi laptop yang dingin tentu akan menghemat baterai dan laptop tetap awet karena suhu tetap stabil. Namun apabila menempatkan laptop diruangan terbuka akan lebih cepat panas. Setidaknya jangan meletakkan laptop ditempat yang panas.

  19. Gunakan Kipas Pendingin

    Menggunakan kipas tambahan pada laptop akan membuat laptop tetap dingin dan tidak mudah panas. Laptop yang panas akan lebih cepat menguras daya baterai karena laptop akan terus berusaha mengeluarkan udara didalam laptop. Baca Ini >> 6 Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas [100% WORK]

  20. Istirahatkan Laptop

    Cara terakhir untuk menghemat baterai adalah mengistirahakan laptop ketika sudah bekerja lama. Walaupun sudah menggunakan kipas pendingin, bekerja lama juga akan membuat laptop lebih banyak mengeluarkan energi. Sebaiknya ketika sudah berjam-jam digunakan istirahatkan laptop sekitar 30 menit.

    Tujuannya adalah agar laptop kembali pada performa yang baik dan baterai tetap normal. Cara ini bisa menghemat baterai laptop agar tetap awet dan tahan lama.

Demikianlah 20 tips ampuh cara menghemat baterai laptop yang bisa anda terapkan untuk laptop anda baik menggunakan windows 7, windows 8, ataupun windows 10. Semoga bisa bermanfaat untuk anda
Baca Juga: